Cara mengunduh dan menggunakan Google Gemini di ponsel cerdas Android

Cara mengunduh dan menggunakan Google Gemini di ponsel cerdas Android

Techno.id - Google telah mengubah nama chatbot Bard-nya menjadi Gemini. Tidak hanya merilis aplikasi Android untuk akses mudah ke asisten yang didukung GenAI, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menggantikan Asisten Google sepenuhnya.

Ini adalah prospek yang menarik bagi mereka yang telah menggunakan chatbot seperti Bard, ChatGPT, dan Microsoft Copilot. Kehadiran Gemini AI di Android bakal memberi pengalaman lain kepada penguna. Sebab asisten ponsel mereka akan menjadi lebih banyak percakapan chatbot.

Kehadiran aplikasi Gemini AI dapat membantu pengguna melakukan tugas-tugas baru yang didukung GenAI seperti membuat rencana latihan, menulis email, dan banyak lagi.

Menariknya, aplikasi Gemini AI tidak eksklusif untuk ponsel kelas atas terbaru seperti Samsung Galaxy AI. Aplikasi ini juga bisa diakses ponsel Android entry level. Berikut cara mengganti Asisten Google dengan Gemini di ponsel pintar Android.

Cara mengunduh dan menggunakan Google Gemini di ponsel cerdas Android foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Google Play

Langkah pertama untuk mengganti Asisten Google dengan Gemini adalah mengunduh aplikasinya. Buka aplikasi Google Play di ponsel cerdas.

2. Unduh aplikasi Google Gemini

Cari dan unduh aplikasi Gemini dari Google Play. Jika belum tersedia di wilayah kamu, maka kamu dapat mengunduh aplikasi dari repositori aplikasi pihak ketiga seperti APKPure. Untungnya, Gemini sudah tersedia di Indonesia.

3. Buka aplikasi Gemini

Setelah mengunduh Gemini, ketuk ikon aplikasi (bintang) untuk membukanya.

4. Ketuk mulai

Di layar selamat datang, ketuk Mulai untuk memulai proses penyiapan.

5. Menyetujui syarat dan ketentuan

Setujui berbagai persyaratan layanan yang memungkinkan asisten Gemini Google menjalankan tugasnya yang didukung GenAI.

6. Aktifkan Google Gemini

Sekarang Gemini telah dikonfigurasi, itu akan secara otomatis menggantikan Asisten Google di ponsel kamu. Itu berarti tindakan yang sebelumnya memanggil Asisten Google dengan mengatakan Hai Google, geser dari sudut layer kamu, tahan tombol daya, sekarang akan memanggil Gemini.

(brl/red)