Cara menonaktifkan fitur aplikasi Lacak di iPhone

Cara menonaktifkan fitur aplikasi Lacak di iPhone

Techno.id - Jaringan Find My (Lacak) Apple tersedia untuk beberapa perangkat, termasuk iPhone, iPad, MacBook, Apple Watch, AirTag, dan AirPods. Tujuan utama aplikasi Lacak adalah untuk membantu kamu menemukan perangkat Apple di peta, berguna untuk menemukan perangkat yang hilang, tetapi juga bagus untuk mengawasi teman dan anggota keluarga yang telah memilih untuk membagikan lokasi iPhone mereka dengan kamu.

Selain itu, Lacak juga menyertakan kunci aktivasi, fitur yang memungkinkan kamu menandai perangkat Apple sebagai hilang atau dicuri dan mencegah orang lain mengakses datanya.

Apple akan meminta kamu untuk mengaktifkan aplikasi Lacak saat kamu menyiapkan iPhone baru. Setelah itu, lokasinya akan ditampilkan di peta bersama dengan perangkat Apple lain yang ditautkan ke akun kamu. Lacak harus diaktifkan sebagai fitur keamanan saat kamu menggunakan iPhone, tetapi ada beberapa skenario di mana kamu mungkin perlu mematikannya.

Jika ingin menjual, menukar, atau memberikan iPhone, kamu harus menonaktifkan aplikasi Lacak untuk mengizinkan pemilik baru menyiapkan perangkat, dan mencegah mereka melihat lokasi kamu. Apple juga mengharuskan kamu untuk menonaktifkan Lacak jika membawa iPhone untuk diservis. Ini memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik perangkat, dan mencegah orang lain memperbaiki iPhone tanpa sepengetahuan kamu.

Mematikan Lacak cukup mudah, asalkan kamu mengetahui kata sandi ID Apple. Namun, jika kamu menemukan bahwa sakelar hijau di sebelah Lacak berwarna abu-abu, ada pengaturan lain yang harus kamu nonaktifkan terlebih dahulu.

Matikan perlindungan perangkat yang dicuri untuk menonaktifkan Lacak

Cara menonaktifkan fitur aplikasi Lacak di iPhone foto: tangkapan layar

Jika kamu tidak dapat mematikan Temukan iPhone Saya di Pengaturan, itu karena fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri telah diaktifkan di iPhone. Fitur ini mencegah seseorang yang mengetahui kode sandi kamu membuat perubahan pada iPhone atau akun Apple, seperti mengakses atau mengubah kata sandi.

Perlindungan Perangkat yang Dicuri mengharuskan aplikasi Lacak untuk berfungsi, dan harus dinonaktifkan sebelum Lacak dapat dinonaktifkan. Berikut cara melakukannya.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Face ID & Kode Sandi.

3. Masukkan kode sandi.

4. Ketuk Perlindungan Perangkat yang Dicuri.

5. Matikan tombol di samping Perlindungan Perangkat yang Dicuri, menggunakan Face ID untuk mengautentikasi.

Kamu sekarang dapat kembali ke menu pengaturan Lacak di iPhone untuk mematikannya. Begini caranya.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk nama kamu di bagian atas layar.

3. Ketuk Lacak.

4. Ketuk Temukan iPhone Saya.

5. Matikan sakelar di sebelahnya.

6. Masukkan kata sandi ID Apple kamu.

7. Ketuk Nonaktifkan.

Lacak sekarang akan dinonaktifkan, dan iPhone kamu tidak akan lagi muncul di bawah daftar perangkat di peta Lacak.

(brl/red)