Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds ke perangkat lain, mulai Android hingga iPhone

Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds ke perangkat lain, mulai Android hingga iPhone

Techno.id - Kamu tidak perlu memiliki ponsel cerdas Samsung untuk menggunakan Galaxy Buds. Seperti sepasang headphone Bluetooth lainnya, kamu dapat memasangkannya dengan iPhone, Mac, atau bahkan PC Windows. Begini cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds ke perangkat apa pun yang kamu miliki.

Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds dengan ponsel Android

Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds ke perangkat lain, mulai Android hingga iPhone foto: techno.id/yani andriyansyah

Baik kamu memiliki perangkat Android dari Samsung, OnePlus, Google, Oppo, atau pabrikan lain, proses pemasangan Galaxy Buds tetap sama. Sebelum melanjutkan, pastikan Galaxy Buds kamu berada di dalam wadah pengisi daya dan terisi daya setidaknya hingga 50 persen. Buka penutup casing lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Unduh aplikasi Galaxy Wearable dari Play Store di perangkat Android.

2. Ketuk Mulai dan berikan akses aplikasi ke izin yang diperlukan. Ini kemudian akan memindai perangkat terdekat untuk disandingkan.

3. Galaxy Buds kamu akan muncul di daftar perangkat yang dipindai. Ketuk namanya untuk memulai proses penyandingan. Aplikasi Galaxy Wearable dapat mengunduh plugin tambahan selama waktu ini.

4. Ketuk Pasangkan saat diminta.

Galaxy Buds berhasil dipasangkan dengan ponsel Android. Jika kamu menggunakan ponsel Galaxy dan masuk dengan akun Samsung, earbud akan secara otomatis dipasangkan dengan perangkat Samsung lain yang ditautkan dengannya, memungkinkan peralihan tanpa hambatan di antara keduanya.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Galaxy Wearable untuk menyesuaikan berbagai aspek earbud, seperti gerakan panel sentuh kiri dan kanan, pengaturan Bixby voice wake-up, dan equalizer, serta mengaktifkan beberapa fitur eksperimental.

Pada ponsel non-Samsung, kamu akan kehilangan fitur-fitur canggih seperti audio surround 360. Jadi, jika kamu menggunakan perangkat Android non-Samsung dan ingin membeli sepasang earphone baru, pertimbangkan untuk membeli earbud nirkabel hebat lainnya.

Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds dengan iPhone atau iPad

Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds ke perangkat lain, mulai Android hingga iPhone

foto: techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat memasangkan dan menggunakan Galaxy Buds dengan iPhone atau iPad seperti sepasang earbud Bluetooth lainnya. Namun, karena aplikasi Galaxy Wearable untuk iPhone tidak mendukung earbud ini, kamu akan kehilangan beberapa fitur lanjutan.

Kurangnya aplikasi pendamping juga akan mempersulit kontrol fitur, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan ANC dan mengontrol pemutaran musik. Tapi ada solusi untuk ini. Pastikan kamu belum menghubungkan Galaxy Buds ke perangkat lain, lalu ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan dan navigasikan ke Bluetooth di iPhone atau iPad.

2. Buka casing pengisi daya earbud Galaxy dan tunggu beberapa detik.

3. Earbud akan muncul di bawah bagian Perangkat Lain. Ketuk nama perangkat untuk memulai proses penyandingan.

4. Setelah tersambung, ketuk ikon Info (i) di samping nama earbud dan pilih Jenis Perangkat sebagai Headphone.

5. Jika earbud tidak muncul, tutup penutupnya dan tunggu sekitar 10 detik. Kemudian, buka casing lagi dan keluarkan salah satu earbud.

Solusi untuk menggunakan Galaxy Buds dengan iPhone

Karena tidak ada aplikasi Galaxy Wearable untuk iPhone atau iPad, kamu harus terlebih dahulu memasangkan earbud Galaxy dengan perangkat Android dan mengatur gerakan sentuh sesuai keinginan. Earbuds kemudian akan terus bekerja dengan cara yang sama saat dipasangkan dengan iPhone atau iPad.

Namun, tidak ada solusi untuk membuat fitur seperti audio 360 dan Dolby Atmos berfungsi. Fitur-fitur tersebut hanya berfungsi saat kamu memasangkan earbud dengan ponsel Samsung.

Galaxy Buds 2 Pro dapat mengalirkan audio dengan kecepatan bit yang lebih tinggi saat dipasangkan dengan ponsel Samsung yang menjalankan One UI 4.0 atau lebih baru. Tetapi karena iPhone menggunakan codec Bluetooth AAC, maka kualitas streaming akan sedikit lebih rendah.

Tidak seperti AirPods, Galaxy Buds tidak mendukung peralihan perangkat otomatis. Jadi, tidak akan terhubung secara otomatis ke iPad saat kamu beralih dari iPhone. Kamu harus memutuskan sambungan earbud Galaxy secara manual sebelum menghubungkannya ke perangkat lain.

Secara default, earbud akan secara otomatis mencoba menyambungkan ke ponsel atau PC terakhir yang dipasangkan. Baik Galaxy Buds Plus dan Buds 2 tidak akan terhubung ke perangkat lain yang dipasangkan kecuali kamu memutuskan sambungannya dari perangkat saat ini.

Jadi, pertama-tama kamu harus melepaskan earbud secara manual dari perangkat saat ini dan kemudian menghubungkannya ke ponsel atau tablet baru. Ini bukan masalah dengan Galaxy Buds 2 Pro, karena dapat terhubung ke perangkat yang dipasangkan tanpa memutuskan sambungan dari ponsel saat ini. Terakhir, perhatikan bahwa kamu hanya dapat memperbarui firmware Galaxy Buds menggunakan ponsel Android.

Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds dengan MacBook

Cara menyandingkan Samsung Galaxy Buds ke perangkat lain, mulai Android hingga iPhone foto: feepikcontributorthailand

Samsung juga tidak menawarkan aplikasi Galaxy Wearable untuk Mac. Tetapi kamu dapat menyambungkan dan menggunakannya dengan Mac seperti sepasang headphone nirkabel lainnya.

Ingatlah bahwa kamu tidak akan dapat menyesuaikan gerakan sentuh dan mengontrol pengaturan lainnya. Jadi, pertama-tama, sambungkan Galaxy Buds dengan perangkat Android, atur sesuka kamu, lalu pasangkan dengan Mac dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka casing pengisi daya Galaxy Buds untuk memasukkannya ke mode berpasangan. Pastikan kamu belum menghubungkannya ke perangkat lain selama proses berlangsung.

2. Klik logo Apple di bilah menu dan pilih Pengaturan Sistem dari menu tarik-turun.

3. Pilih Bluetooth dari bilah sisi kiri.

4. Nyalakan Bluetooth jika belum diaktifkan. Mac kemudian akan memindai perangkat Bluetooth terdekat.

5. Saat Galaxy Buds kamu muncul di daftar perangkat yang dipindai, klik Hubungkan.

6. Menu pengaturan Bluetooth di macOS menampilkan Galaxy Buds Pro di bawah Perangkat Terdekat.

7. Jika kamu menggunakan PC Windows, maka dapat menggunakan aplikasi Galaxy Buds untuk Windows untuk memasangkan dan menyesuaikan berbagai aspek earbud. Namun, aplikasi ini bermasalah dan mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, jika kamu menghadapi masalah dengan aplikasi tersebut, pasangkan earbud ke PC Windows langsung dari menu Bluetooth di Pengaturan.

Terlepas dari perangkat mana yang kamu pakai untuk menggunakan Galaxy Buds, kamu memerlukan ponsel Android terlebih dahulu untuk mengaturnya dengan benar. Setelah mengubah kontrol panel sentuh dan opsi lainnya, kamu dapat menggunakan earbud dengan perangkat apa pun tanpa masalah.

Tanpa ponsel Android, menggunakan Galaxy Buds bisa menjadi tantangan, karena kamu tidak akan dapat menyesuaikan atau mengetahui apa yang dilakukan gerakan sentuh, mengubah berbagai pengaturan, atau memperbarui firmware-nya.

(brl/red)