Cara menyembunyikan atau memalsukan lokasi kamu di Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge

Cara menyembunyikan atau memalsukan lokasi kamu di Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge

Techno.id - Browser paling popular akan menyertakan layanan geolokasi untuk menemukan pengguna berdasarkan alamat IP, Wi-Fi, atau lokasi jaringan. Jika kamu tidak ingin mengungkapkan lokasi karena privasi atau alasan lain, maka dapat memalsukan atau menyembunyikannya saat menggunakan browser Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge.

Sebagai informasi, geolokasi menunjukkan lokasi kamu dan mengikatnya ke browser web atau aplikasi lain. Sebagian besar layanan menggunakan informasi dari alamat IP dan jaringan yang terhubung untuk mencocokkannya dengan lokasi yang diketahui.

Browser menggunakan geolokasi karena beberapa alasan berbeda. Saat mengunjungi situs tertentu, kamu mungkin melihat perintah yang meminta kamu mengonfirmasi apakah situs tersebut dapat menggunakan lokasi kamu. Jika kamu mengizinkan akses, situs dapat menggunakan lokasi kamu dan memberikan informasi yang relevan dengan wilayah kamu.

Geolokasi adalah fitur yang nyaman, tetapi kamu mungkin ingin memalsukan atau memblokir lokasi karena alasan privasi. Memalsukan lokasi juga berguna saat kamu ingin mengakses konten yang dibatasi lokasi.

1. Cara menonaktifkan geolokasi di Google Chrome

Cara menyembunyikan atau memalsukan lokasi kamu di Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge foto: tangkapan layar

Mematikan fitur lokasi di Google Chrome itu sederhana. Secara default, Google Chrome akan menanyakan apakah situs web tertentu dapat menggunakan lokasi kamu atau tidak. Jika kamu tidak sengaja menonaktifkan fitur ini atau hanya ingin memastikannya aktif, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Klik tiga titik vertikal di sudut kanan layar. Lalu pilih Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Pengaturan Situs > Lokasi.

2. Kamu akan melihat opsi Situs dapat meminta lokasi kamu dipilih secara default dengan Ciutkan permintaan yang tidak diinginkan, ditetapkan secara default. Pilih Jangan izinkan situs melihat lokasi kamu untuk menonaktifkan geolokasi.

Di bawah halaman itu, kamu juga akan melihat daftar situs web yang diizinkan atau tolak akses ke lokasi kamu. Untuk mencabut akses ke lokasi, tekan ikon tempat sampah di sebelah situs web mana pun.

2. Sembunyikan lokasi kamu di Firefox

Cara menyembunyikan atau memalsukan lokasi kamu di Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge foto: tangkapan layar

Kamu dapat dengan mudah menonaktifkan lokasi di Firefox di semua situs web. Seperti Chrome, Firefox akan meminta izin setiap kali situs menginginkan akses ke lokasi kamu. Begini caranya jika kamu ingin mengakses pengaturan lokasi Firefox.

1. Klik tiga bilah vertikal di sudut kanan atas browser. Tekan Pengaturan > Privasi & Keamanan, dan Gulir ke bawah ke bagian Izin.

2. Lalu klik kotak Pengaturan di sebelah Lokasi. Kemudian, kamu akan melihat daftar situs web yang telah meminta akses ke lokasikamu dapat menghentikan akses situs dengan menghapusnya dari daftar ini.

Untuk menghilangkan pop-up izin yang mengganggu itu sama sekali, centang kotak di samping Blokir permintaan baru yang meminta untuk mengakses Lokasi kamu. Opsi ini secara otomatis memblokir akses ke geolokasi untuk semua situs web yang kamu kunjungi.

3. Nonaktifkan geolokasi di Microsoft Edge

Cara menyembunyikan atau memalsukan lokasi kamu di Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge foto: tangkapan layar

Microsoft Edge dan Google Chrome memiliki proses yang sangat mirip untuk menonaktifkan geolokasi. Begini caraya di di Edge.

1. Klik tiga titik horizontal di sudut kanan atas browser.

2. Lalu pilih Pengaturan > Cookie dan Izin Situs. Gulir ke bawah halaman ke Semua izin dan pilih Lokasi.

3. Di halaman ini, pastikan pengaturan Tanyakan sebelum mengakses dinonaktifkan, sehingga memblokir permintaan akses lokasi apa pun.

4. Kamu akan melihat dua daftar, situs di bawah Izinkan memiliki akses ke lokasi kamu, sedangkan situs di bawah judul Blokir telah dilarang melihat lokasi kamu.

Sama seperti Chrome, kamu dapat menghapus izin dengan mengklik ikon tempat sampah di sebelah nama situs web.

Cara memalsukan lokasi browser

Cara menyembunyikan atau memalsukan lokasi kamu di Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge foto: chromewebstore.google.com

Untuk keamanan tambahan, kamu mungkin ingin mempertimbangkan memalsukan lokasi. Cara terbaik untuk menyembunyikan lokasi kamu adalah dengan menggunakan salah satu dari banyak layanan VPN gratis yang melindungi privasi. Namun, kamu juga dapat memalsukan lokasi di Google Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge dengan mengubah lokasi secara manual atau dengan menggunakan ekstensi.

Palsu lokasi di Google Chrome, Firefox, dan Edge

Ekstensi Location Guard adalah cara termudah untuk mengubah geolokasi. Saat kamu menjelajahi web, Location Guard akan memberikan lokasi palsu yang berbeda untuk setiap situs web yang kamu kunjungi. Plus, itu mengganggu cara situs web menemukan lokasi kamu, sehingga sulit untuk mendeteksi lokasimu secara akurat. Berikut cara memalsukan lokasi kamu menggunakan Location Guard.

1. Instal ekstensi Location Guard di browser. Setelah diinstal, itu akan mengarahkan kamu ke halaman pengaturannya. Pilih Opsi dari bilah sisi kiri.

2. Di bawah Tingkat default, pilih Gunakan lokasi tetap.

3. Klik Lokasi tetap dari bilah sisi.

4. Perluas atau minimalkan peta menggunakan tombol zoom dan pindahkan pin lokasi ke lokasi pilihan kamu.

Location Guard juga memungkinkan kamu memilih lokasi tetap. Opsi ini memberikan tingkat keamanan tertinggi, karena lokasi Wi-Fi terdekat tidak akan terdeteksi. Cukup atur lokasi kamu ke mana saja di dunia, dan Location Guard akan melaporkan lokasi spesifik tersebut ke semua situs web.

Bahkan jika kamu menonaktifkan atau memalsukan layanan geolokasi, situs web masih dapat melacak lokasi kamu. Alamat IP kamu dapat mempersempit lokasi ke negara dan bahkan kota tempat tinggal. Kecuali kamu menggunakan VPN, lokasi kamu masih dapat dilacak berdasarkan informasi tersebut.

(brl/red)