Cara menyembunyikan nama aplikasi di layar beranda iPhone agar terlihat minimalis

Cara menyembunyikan nama aplikasi di layar beranda iPhone agar terlihat minimalis

Techno.id - Kamu dapat membuat Layar Beranda minimalis di iPhone dengan menyembunyikan label aplikasi. Caranya cukup mudah jika dilakukan pada iOS 18. Tetapi bagaimana dengan perangkat lama yang menjalankan iOS 17 atau yang lebih lama? Berikut cara menyembunyikan label aplikasi di iPhone dengan iOS 18 dan iOS 17 atau yang lebih lama.

iOS 18: Sembunyikan nama aplikasi dalam mode ikon besar

Cara menyembunyikan nama aplikasi di layar beranda iPhone agar terlihat minimalis foto: apple

Mode ikon besar iOS 18 dapat menyembunyikan label ikon di Layar Beranda.

1. Sentuh dan tahan area kosong di Layar Utama hingga ikon mulai bergoyang. Selanjutnya, sentuh tombol Edit di pojok kiri atas dan pilih Sesuaikan dari menu.

2. Sebuah panel muncul dari bawah. Pilih Opsi Besar dari antarmuka ini, lalu sentuh di mana saja di luar untuk menutup panel.

3. Layar Beranda sekarang tanpa label. Jika tidak suka gaya ini, kembalikan ke mode default dengan memilih opsi Kecil.

Satu-satunya cara opsional yang tersisa untuk dilakukan adalah menghapus tombol Cari dari Layar Utama dengan mematikan sakelar Tampilkan di Layar Utama di Pengaturan > Layar Beranda & Perpustakaan Aplikasi.

Mode ikon besar iOS 18 memperbesar widget dan ikon Layar Beranda tetapi menjaga tata letaknya tetap utuh. Opsi ini tidak akan mengacaukan kisi ikon atau menghasilkan lebih sedikit ikon per halaman Layar Beranda. Namun, spasi ikon akan sedikit lebih kecil, yang mungkin tidak disukai beberapa orang.

Mode ikon besar tidak menghapus label aplikasi dari hasil pencarian Spotlight. Selain itu mode ikon besar juga tidak menghapus label dari kategori aplikasi di Perpustakaan Aplikasi. Namun, nama aplikasi disembunyikan saat kamu membuka kategori.

iOS 17: Sembunyikan label ikon melalui Pintasan (Shortcut)

Cara menyembunyikan nama aplikasi di layar beranda iPhone agar terlihat minimalis foto: apple

Jika iPhone kamu menjalankan iOS 17 atau yang lebih lama, trik Pintasan (Shortcut) yang sama untuk menyesuaikan ikon aplikasi berfungsi untuk menyembunyikan namanya. Namun, metode ini agak melelahkan karena melibatkan pembuatan pintasan Buka Aplikasi untuk setiap aplikasi yang terlihat di Layar Beranda. Begini caranya.

1. Buka aplikasi Pintasan di iPhone, tekan tanda "+" (plus) di pojok kanan atas.

2. Pilih "Tambahkan Tindakan", pilih "Scripting", dan pilih tindakan "Buka Aplikasi" untuk ditambahkan ke otomatisasi.

3. Ketik "Buka Aplikasi" di bidang pencarian untuk menemukan tindakan secara instan.

4. Selanjutnya, tekan "Aplikasi" di tindakan Buka Aplikasi yang baru saja kamu tambahkan ke otomatisasi dan pilih aplikasi yang diinstal dari daftar yang ingin kamu sesuaikan, seperti Instagram.

Sekarang kamu bisa menyimpan peluncur Instagram khusus ini sebagai ikon di Layar Beranda. Sentuh nama pintasan di bagian atas layar dan pilih "Tambahkan ke Layar Utama".

Pastikan untuk hanya menggunakan karakter kosong seperti spasi saat menamai pintasan untuk membuat label aplikasi tidak terlihat, lalu tekan "Tambah" untuk menyimpan ikon ke Layar Utama.

Kamu sekarang telah membuat ikon Layar Beranda generik yang tidak memiliki nama yang terlihat, bertindak sebagai pintasan untuk meluncurkan aplikasi Instagram.

Masalah utama dengan metode ini selain memakan waktu, kamu harus menyembunyikan semua aplikasi dari Layar Beranda yang telah kamu buat peluncur ikon khusus dengan nama yang tidak terlihat. Jika tidak, Layar Utama akan berantakan.

Penggunaan iOS 18 tidak hanya memungkinkan kamu mengatur ikon Layar Beranda dengan lebih bebas, tetapi juga mewarnainya, menggunakan ikon Mode Gelap, menikmati widget baru, dan banyak lagi.

(brl/red)