Cara menyesuaikan sensitivitas layar sentuh di perangkat Android

Cara menyesuaikan sensitivitas layar sentuh di perangkat Android

Techno.id - Apakah ponsel Android kamu kurang sensitif terhadap input sentuh setelah memasang pelindung layar? Atau mungkin layarnya mencatat sentuhan yang tidak disengaja saat ada di saku? Apa pun itu, kamu dapat mengatasi masalahtersebutdengan menyesuaikan pengaturan sensitivitas sentuh di perangkat.

Cara mengubah sensitivitas layar ponsel Android

Sensitivitas layar perangkat Android dapat disesuaikan di aplikasi Pengaturan. Bergantung pada model perangkat dan versi Android, langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda. Di bawah ini adalah langkah-langkah pada perangkat Samsung.

Cara menyesuaikan sensitivitas layar sentuh di perangkat Android foto: tangkapan layar

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat dan ketuk Tampilan.

2. Gulir ke bawah hingga kamu melihat opsi sensitivitas sentuh (kemulusan gerakan). Jika tidak melihatnya, coba cari di aplikasi Pengaturan.

3. Aktifkan jika dinonaktifkan. Kamu perlu memulai ulang perangkat agar perubahan diterapkan.

Kamu dapat menguji sensitivitas sentuh dengan menggunakan ponsel secara normal dan melihat bagaimana ponsel merespons ketukan dan gesekan.

Ada cara lain yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan pengalaman layar sentuh jika menyesuaikan sensitivitas sentuhan tidak berhasil. Menjaga layar ponsel tetap bersih dan kering, menggunakan pelindung layar tipis, dan menyesuaikan kecepatan refresh layar adalah cara tambahan untuk meningkatkan sensitivitas layar sentuh ponsel.

Pada perangkat Samsung, kamu dapat menyesuaikan kecepatan refresh layar dengan membuka Pengaturan > Tampilan > Kehalusan gerakan. Kamu dapat memilih antara kecepatan refresh Adaptif (atau Tinggi) dan Standar. Kamu dapat menguji kecepatan refresh layar untuk mengonfirmasi apakah perubahan telah disimpan.

Dapatkan sensitivitas sentuhan yang tepat di ponsel

Cara menyesuaikan sensitivitas layar sentuh di perangkat Android foto: freepik/littlestocker

Menyesuaikan sensitivitas sentuh perangkat Android dapat membantu kamu menghindari situasi yang membuat frustrasi seperti input sentuh yang tidak disengaja atau tidak akurat dan layar yang tidak responsif. Meskipun meningkatkan sensitivitas sentuh tentu membantu jika kamu telah memasang pelindung layar tebal di ponsel, ini bukan solusi ajaib untuk semua masalah layar sentuh.

Jadi, jika masih mengalami masalah dengan layar sentuh setelah menyesuaikan sensitivitas, kamu mungkin perlu memeriksa penyebab lain seperti bug perangkat lunak, perangkat keras yang rusak, dan gangguan pelindung layar.

(brl/red)