Cara menyesuaikan suara notifikasi WhatsApp untuk obrolan tertentu

Cara menyesuaikan suara notifikasi WhatsApp untuk obrolan tertentu

Techno.id - Kamu dapat mengetahui siapa yang mengirim pesan ke WhatsApp tanpa melihat ponsel. Opsi ini sangat dimungkinkan. Kamu dapat melakukannya dengan menyesuaikan suara notifikasi untuk obrolan dan grup WhatsApp individu. Dengan penyesuaian sederhana ini, kamu dapat memprioritaskan pesan penting dan menanggapinya secara cepat.

Cara mengatur suara kustom ke kontak individu di WhatsApp

Cara menyesuaikan suara notifikasi WhatsApp untuk obrolan tertentu foto: tangkapan layar

Mengatur suara notifikasi khusus untuk masing-masing kontak di WhatsApp adalah proses yang sederhana, baik kamu menggunakan Android, iPhone, atau iPad. Jika kamu memiliki ponsel Android, cukup buka obrolan WhatsApp yang ingin disesuaikan. Kemudian, di bagian atas layar, ketuk nama kontak untuk mengakses detailnya. Buka detail kontak obrolan yang ditentukan di WhatsApp di Android.

Di info obrolan, gulir ke bawah dan pilih opsi Pemberitahuan. Setelah membuka jendela Pemberitahuan, ketuk opsi Nada Pemberitahuan dan pilih suara khusus favorit kamu dari perpustakaan nada dering perangkat.

Ada opsi lain yang tersedia di jendela ini, seperti mematikan notifikasi untuk obrolan khusus ini, mengaktifkan atau menonaktifkan getaran, dan menyesuaikan nada dering untuk panggilan.

Jika kamu adalah pengguna iPhone, cukup ketuk nama kontak di bagian atas untuk mengakses info mereka. Kemudian buka Pemberitahuan > Nada Peringatan, pilih suara dari opsi yang tersedia, dan ketuk Simpan. Sekarang, setiap kali kamu menerima pesan dari kontak tersebut, maka akan mendengar suara unik yang kamu pilih. Ingat, kamu dapat mengulangi proses ini untuk kontak sebanyak yang diinginkan.

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa di Android, WhatsApp memungkinkan kamu mengatur nada dering khusus untuk panggilan dari kontak tertentu. Namun, di iPhone, kamu hanya dapat mengatur nada khusus untuk peringatan pesan, bukan untuk panggilan masuk.

Di iPhone, kamu juga tidak dapat mengatur suara notifikasi khusus untuk WhatsApp yang disimpan di pengelola file perangkat. WhatsApp hanya memungkinkan kamu untuk memilih dari pilihan terbatas suara notifikasi pra-instal yang disediakan aplikasi atau menggunakan suara notifikasi iPhone default. Namun, di Android, kamu dapat memilih nada notifikasi dari pengelola file, folder musik, atau bahkan direktori rekaman.

Menyesuaikan suara pemberitahuan grup WhatsApp

Cara menyesuaikan suara notifikasi WhatsApp untuk obrolan tertentu foto: freepik/bangkokclickstudio

Mengelola obrolan grup terkadang terasa kewalahan, terutama ketika pesan terus mengalir sepanjang hari. Untungnya, WhatsApp juga memungkinkan kamu mengatur suara khusus untuk grup, membantu kamu membedakan percakapan grup yang penting dari yang lebih santai.

Proses untuk menyesuaikan pemberitahuan grup tidak jauh berbeda dengan proses untuk obrolan individu. Untuk Android, buka obrolan grup tempat kamu ingin mengatur suara khusus. Ketuk nama grup dan buka Pemberitahuan > Nada Pemberitahuan, lalu pilih lagu yang paling sesuai dengan suasana grup.

Untuk iPhone, buka Info Grup > Pemberitahuan > Nada Peringatan. Dari sana, pilih suara yang menangkap esensi grup dan tekan Simpan. Jika kamu berada di beberapa grup WhatsApp, trik ini bisa menjadi pengubah permainan, membuatnya lebih mudah untuk membedakan grup mana yang membutuhkan perhatian segera dan mana yang dapat menunggu hingga nanti.

Bagaimana dengan suara notifikasi di WhatsApp Web?

Cara menyesuaikan suara notifikasi WhatsApp untuk obrolan tertentu foto: freepik/danielmegias

Lantas bagaimana menyesuaikan suara notifikasi di WhatsApp Web? Sayangnya, saat ini tidak ada opsi langsung untuk mengatur suara khusus untuk obrolan atau grup tertentu. Selain itu, WhatsApp Web tidak mencerminkan notifikasi ponsel atau suara khusus. Versi web memiliki sistem notifikasinya sendiri, terlepas dari pengaturan ponsel.

Namun, jangan bingung antara versi web dengan versi desktop WhatsApp. Jika kamu menggunakan versi desktop WhatsApp, maka dapat menyesuaikan suara notifikasi dengan cara yang mirip dengan aplikasi seluler. Cukup ketuk nama kontak yang ditentukan, buka Ikhtisar > Nada Pemberitahuan, dan pilih nada pilihan kamu dari daftar yang tersedia.

Menyesuaikan suara notifikasi WhatsApp adalah cara yang bagus untuk mempersonalisasi pengalaman perpesanan dan membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi siapa yang menghubungi kamu. Selain itu, kamu dapat meningkatkan pengalaman WhatsApp dengan mengunci obrolan, memformat pesan, atau bahkan mengirim pesan tanpa menambahkan nomor telepon penerima.

(brl/red)