Cara menyiapkan dan menggunakan fitur Find My Device di perangkat Android

Cara menyiapkan dan menggunakan fitur Find My Device di perangkat Android

Techno.id - Kehilangan ponsel bisa menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan. Namun sebelum hal itu terjadi, kamu bisa mengantisipasinya dengan mengaktifkan fitur Find My Device di perangkat Android baik smartphone maupun tablet. Fitur ini dapat menemukan, mengamankan, dan mengelola ponsel Android yang dicuri.

Fitur ini juga melindungi data kamu dan mencegah ponsel jatuh ke tangan yang salah. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk melacak ponsel Android yang hilang, tablet Android, jam tangan Wear OS, headphone, atau apa pun yang terpasang pada tag pelacak cerdas. Saat kamu masuk dengan detail akun Google dan mengaktifkan lokasi, ponsel Android kamu mengaktifkan layanan Find My Device di latar belakang.

Beberapa alasan kamu harus mengaktifkan fitur Find My Device

Cara menyiapkan dan menggunakan fitur Find My Device di perangkat Android foto: freepik/eyeem

Berikut adalah alasan utama untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Find My Device di ponsel Android.

1. Temukan perangkat

Jika kamu kehilangan ponsel atau headphone di kafe atau kantor yang ramai, gunakan Find My Device di web untuk menentukan lokasinya di peta.

2. Deringkan telepon

Jika kamu salah atau lupa eletakkan ponsel di rumah, alih-alih memeriksa setiap sudut rumah, gunakan perangkat Lacak untuk menderingkan telepon, termasuk saat ponsel kamu disetel di profil senyap.

3. Lindungi data pribadi

Jika seseorang mencuri ponsel kamu, maka kamu dapat menguncinya dari jarak jauh untuk mencegah akses yang tidak sah. Kamu bahkan dapat menghapus data telepon untuk menghindari pencuri membuka data pribadi kamu.

4. Menemukan detail perangkat

Kamu dapat menemukan detail perangkat penting seperti nomor IMEI dan nama perangkat dari pengaturan Find My Device.

Cara mengaktifkan Find My Device

Cara menyiapkan dan menggunakan fitur Find My Device di perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Google secara otomatis mengaktifkan fitur Find My Device saat kamu masuk dengan detail akun dan mengaktifkan lokasi. Kamu dapat mengonfirmasi statusnya dari menu Pengaturan.

1. Buka Pengaturan di ponsel Android.

2. Gulir ke Keamanan dan privasi.

3. Pilih Pencari perangkat.

4. Ketuk Find My Device.

5. Aktifkan tombol Gunakan Find My Device dari menu berikutnya.

(brl/red)