Cara menyimpan dan mengedit foto sebagai PDF di iPhone atau iPad  

Cara menyimpan dan mengedit foto sebagai PDF di iPhone atau iPad  

Techno.id - Berkat aplikasi bawaan seperti Foto dan File, kamu tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah foto menjadi PDF di iPhone atau iPad. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengeditan kecil pada PDF.

Mengubah foto menjadi PDF di aplikasi Foto

Cara menyimpan dan mengedit foto sebagai PDF di iPhone atau iPad foto: freepik/eyeem

Metode pertama untuk mengubah foto menjadi file PDF adalah melalui aplikasi Foto. Sebelum memulai, pastikan kamu telah menginstal aplikasi File Apple di perangkat.

Selanjutnya, buka aplikasi Foto, lalu ketuk gambar yang ingin kamu konversi. Ketuk ikon Bagikan di kiri bawah layar dan pilih Cetak. Tekan lama pada pratinjau cetak di bagian bawah. Versi pratinjau yang diperbesar akan muncul dan kamu harus mengetuknya.

iPhone kamu secara otomatis membuat file PDF dari foto tersebut. Ketuk ikon Bagikan di sudut kiri bawah untuk opsi lainnya yang tersedia untuk file tersebut. Kamu dapat memilih Simpan ke File untuk menyimpan PDF atau memilih aplikasi perpesanan untuk mengirim PDF ke orang lain.

Mengubah foto menjadi PDF di aplikasi File

Cara menyimpan dan mengedit foto sebagai PDF di iPhone atau iPad foto: freepik

Jika gambar kamu sudah ada di aplikasi File, kamu juga dapat mengonversinya menjadi file PDF di sana. Di File, tekan lama foto dan ketuk Tindakan Cepat > Buat PDF. Versi PDF dari gambar kamu akan segera muncul di sebelah aslinya.

Perhatikan bahwa nama file akan sama persis. Untuk menghindari kebingungan, sebaiknya ganti nama PDF dengan cepat. Cukup tekan lama file tersebut, pilih Ganti nama, ketik nama file pilihan kamu, dan ketuk Selesai.

(brl/red)