Cara menyinkronkan Google Chrome di semua perangkat kamu  

Cara menyinkronkan Google Chrome di semua perangkat kamu  

Techno.id - Google Chrome tidak dapat disangkal memegang gelar browser paling popular, dan menampung beberapa fitur mengesankan seperti Pengelola Kata Sandi bawaan, opsi untuk mengatur tab dengan mengelompokkannya saat mengerjakan banyak tugas, dan profil Chrome.

Selain daftar fitur yang luas, browser ini juga memiliki antarmuka yang ramah pengguna, membuatnya cukup mudah dinavigasi. Jika kamu menggunakan layanan Google seperti Gmail, Drive, Dokumen, Spreadsheet, dan lainnya, menggunakan Google Chrome sebagai browser default mungkin merupakan keputusan paling cerdas.

Salah satu aspek terbaik menggunakan Google Chrome adalah kemampuan untuk mulai menjelajah di satu perangkat dan melanjutkan di perangkat lain. Semua sandi, bookmark, tab terbuka, daftar bacaan, dan lainnya dapat disinkronkan di semua perangkat, asalkan kamu telah mengaktifkan fitur ini dan menggunakan Akun Google yang sama di semua perangkat. Berikut cara menyinkronkan Google Chrome di semua perangkat Anda.

Cara mengaktifkan sinkronisasi Google Chrome di Mac dan PC

Cara menyinkronkan Google Chrome di semua perangkat kamu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk mengaktifkan sinkronisasi di Mac atau PC, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Luncurkan Google Chrome.

2. Klik ikon profil di sudut kanan atas layar.

3. Sekarang, klik tombol Aktifkan sinkronisasi.

4. kamu akan diminta memasukkan kredensial jika tidak login ke Akun Google. Cukup masukkan email atau nomor telepon dan kata sandi kamu.

5. Kamu akan diminta untuk memverifikasi identitas. Untuk melakukannya, cukup ikuti petunjuk di layar.

6. Tekan Lanjutkan.

7. Kamu akan melihat kotak dialog berlabel Aktifkan sinkronisasi. Cukup ketuk tombol Ya, saya masuk di bagian bawah.

Sekarang, untuk mengelola apa yang kamu sinkronkan, klik ikon profil di sudut kanan atas layar sekali lagi. Kali ini, klik tombol Sync is on. Sekarang, klik Kelola apa yang kamu sinkronkan di bawah bagian Sinkronisasi. Kamu akan melihat dua sakelar, Sinkronkan semuanya dan Sesuaikan sinkronisasi.

Meskipun yang pertama cukup baik jika ingin menyinkronkan masing-masing dan semua yang kamu lakukan di browser, kamu dapat memilih yang terakhir jika ingin mencegah hal-hal seperti tab terbuka, riwayat, ekstensi, dan lainnya dari sinkronisasi di semua perangkat kamu.

Cara mengaktifkan sinkronisasi Google Chrome di iOS dan Android

Cara menyinkronkan Google Chrome di semua perangkat kamu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika ingin mengaktifkan sinkronisasi dari iOS, inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka aplikasi Google Chrome.

2. Ketuk ikon profil di sudut kanan atas layar perangkat kamu.

3. Pada halaman Pengaturan, ketuk [Nama kamu].

4. Anda akan melihat di bawah bagian Di Akun Google Anda - Riwayat dan Tab, Bookmark, Daftar Bacaan, Alamat dan Lainnya, Kata Sandi, Metode Pembayaran, Penawaran, dan Alamat Menggunakan Google Pay, dan Setelan. Cukup aktifkan apa yang ingin kamu sinkronkan di semua perangkat.

Langkah-langkahnya sedikit berbeda jika kamu menggunakan Google Chrome di perangkat Android. Inilah yang harus kamu lakukan.

1. Buka aplikasi Google Chrome.

2. Ketuk ikon profil di sudut kanan atas layar.

3. Ketuk tombol Sync tepat di bawah nama kamu.

4. Cukup aktifkan sakelar di sebelah Sinkronkan semuanya.

Jika memilih untuk tidak menyinkronkan semuanya, matikan tombol di samping Sinkronkan semuanya. Sekarang, cukup ketuk kotak centang di samping semua yang ingin kamu sinkronkan di semua perangkat.

(brl/red)