Cara merekam file audio menggunakan alat perekam bawaan Windows 11

Cara merekam file audio menggunakan alat perekam bawaan Windows 11

Techno.id - Saat ingin merekam materi kuliah, mungkin kamu akan memilih menggunakan smartphone atau alat perekam lainnya. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan alat perekam audio terintegrasi Microsoft yang ada di laptop.

Kamu dapat menyimpan berkas dalam format yang berbeda dan dapat menempatkan penanda di dalam berkas itu sendiri. Cara ini memungkinkan kamu melompat ke bagian yang berbeda. Kamu juga tidak perlu mengunduh perangkat lunak pihak ketiga. Berikut cara menggunakan Perekam Audio Microsoft.

Cara merekam file audio menggunakan alat perekam bawaan Windows 11 foto: tangkapan layar

1. Untuk memulai program, masukkan Perekam Audio (Voice Recorder) di bilah pencarian Windows dan pilih Buka. Pilih mikrofon yang diinginkan di kiri bawah program.

2. Di bagian tengah bawah adalah tombol perekam, yang memulai perekaman. Audio yang direkam files tercantum di kiri atas sedangkan diagram bentuk gelombang masing-masing file dapat dilihat di sebelah kanan.

3. Kamu dapat menyimpan file audio dalam berbagai format seperti m4a, mp3, wma, flac, dan wav. Untuk memilih format yang diinginkan, klik tiga titik di kanan atas lalu Format Perekaman. Kualitas audio kemudian dapat disesuaikan secara kasar menggunakan tiga level, terbaik, tinggi, dan sedang. Aplikasi ini terbatas pada fungsi dasar putar, hentikan, dan rekam. Ini juga menawarkan fungsi impor dan tombol bagikan.

4. Kecepatan pemutaran audio files dapat diatur dari 0,25 hingga 4x. Kamu juga dapat mengatur penanda dalam file audio, memungkinkan kamu melompat ke bagian yang berbeda.

Cara merekam file audio menggunakan alat perekam bawaan Windows 11 foto: tangkapan layar

Sayangnya, hanya mikrofon yang dapat digunakan sebagai sinyal input untuk perekam audio. Mixer suara, yang dapat digunakan untuk merekam suara apa pun di komputer, tidak dapat dipilih.

(brl/red)