Cara mudah agar smartphone hemat baterai selama perjalanan mudik Lebaran, wajib diterapkan nih

Cara mudah agar smartphone hemat baterai selama perjalanan mudik Lebaran, wajib diterapkan nih

Hemat baterai saat mudik

1.Tutup aplikasi tak terpakai

Smartphone memang bisa menampung puluhan bahkan ratusan aplikasi. Namun agar baterai smartphone kamu hemat, silakan pilih aplikasi yang tidak diperlukan agar ditutup. Tujuannya agar baterai tidak mendistribusikan dayanya ke aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi komunikasi seperti WhatsApp dan peta digital saja.

Cara mudah agar smartphone hemat baterai selama perjalanan mudik Lebaran, wajib diterapkan nih foto: pexels.com

2. Mematikan auto kecerahan

Mengatur kecerahan layar smartphone ke mode rendah menjadi trik agar baterai tidak mudah habis. Selain itu, kamu juga bisa mematikan auto kecerahan layar. Tujuannya baterai tidak terlalu memberikan daya ke layar jika tidak diperlukan. Sebab semakin cerah layar, maka baterai akan tergerus terus menerus.

3. Blokir notifikasi tak penting

Selain mematikan fitur auto kecerahan, pengguna bisa memblokir berbagai notifikasi yang muncul. Biasanya pengguna mendapatkan berbagai notifikasi dari website maupun media sosial lainnya. Silakan untuk mematikan notifikasi tidak penting, agar baterai lebih hemat.

4. Nyalakan fitur power baterai saving

Cara mudah agar smartphone hemat baterai selama perjalanan mudik Lebaran, wajib diterapkan nih foto: pexels.com

Smartphone saat ini sudah dibekali dengan penghemat baterai yang bisa diandalkan selama melakukan mudik perjalanan. FItur ini dapat membatasi kemampuan ponsel agar tidak memberikan daya baterai ke aplikasi tak diperlukan. Melalui fitur ini baterai akan mendistribusikan dayanya ke aplikasi penting-penting saja.

5. Isi daya baterai sebelum habis

Hal penting lain yang harus dilakukan adalah melakukan isi ulang daya baterai sebelum habis. Hal ini mencegah baterai mengalami 0% daya. Sebab jika daya sudah tidak ada, smartphone akan memakan baterai untuk melakukan starting perangkat. Usahakan agar baterai tetap dicas dalam keadaan minimal 20%. Jika rest area masih jauh, kamu bisa mengandalkan powerbank untuk pengisian daya.

Itulah beberapa cara mudah agar smartphone hemat baterai selama mudik Lebaran. Pada intinya, jangan sampai ponsel kamu mati hanya gara-gara habis baterai. Karena keberadaan ponsel terbilang penting selama perjalanan mudik. Selamat mencoba!

(brl/red)