Cara mudah berbagi file antara Windows dan Android menggunakan Quick Share Google

Cara mudah berbagi file antara Windows dan Android menggunakan Quick Share Google

Techno.id - Berbagi file antara berbagai jenis perangkat seluler dan komputer selalu rumit karena setiap perusahaan menyediakan metode uniknya, biasanya dengan batasan tertentu. Nah jika ingin cara mudah untuk berbagi foto dan file lain antara PC Windows dan perangkat Android, salah satu opsi praktis adalah Quick Share Google untuk Windows. Dapat diakses sebagai aplikasi gratis untuk Windows 10 dan 11, Quick Share memungkinkan kamu mengirim file apa pun dari perangkat Android ke PC, atau sebaliknya.

Sebelumnya dikenal sebagai Nearby Share, fitur ini berganti nama menjadi Quick Share berdasarkan alat Samsung dengan nama yang sama. Tidak seperti versi Samsung, Quick Share Google berfungsi dengan perangkat Android apa pun selama menjalankan versi 6.0 atau lebih tinggi.

Sementara AirDrop Apple hanya berfungsi dengan iPhone, iPad, dan Mac. Windows hadir dengan fitur Nearby Sharing, tetapi itu dirancang untuk berbagi file antara komputer yang berbeda. Jika tidak, berbagi file tertentu antara PC dan perangkat Android biasanya memerlukan alat eksternal, seperti Phone Link Microsoft atau Unison Intel.

Sedangkan Quick Share juga memungkinkan kamu berbagi file di antara perangkat Android yang berbeda. Tapi di sini, Techno.id berfokus pada kemampuan untuk berbagi file antara Android dan Windows.

Cara berbagi dari Android ke Windows

Untuk mengirim file dari perangkat Android ke PC Windows, Bluetooth dan Wi-Fi harus diaktifkan di Windows. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

1. Unduh dan instal aplikasi Quick Share

Cara mudah berbagi file antara Windows dan Android menggunakan Quick Share Google foto: android.com

Untuk mengambil aplikasi Quick Share, telusuri ke situs web Quick Share dan klik tombol Unduh Quick Share. Jalankan file yang dapat dieksekusi yang diunduh untuk menginstal program.

2. Buka aplikasi Quick Share

Cara mudah berbagi file antara Windows dan Android menggunakan Quick Share Google foto: quick share

Buka pintasan Quick Share untuk Windows dari menu Start. Jika kamu tidak masuk secara otomatis, klik tombol Masuk untuk masuk dengan akun Google kamu.

3. Pilih opsi untuk berbagi

Cara mudah berbagi file antara Windows dan Android menggunakan Quick Share Google foto: tangkapan layar

Klik menu tarik-turun di bilah sisi kiri di bawah nama PC kamu dan pilih salah satu opsi untuk menerima file. Aplikasi ini menawarkan tiga pilihan, Terima dari semua orang, Terima dari kontak, atau Terima dari perangkat. Kamu juga dapat mengatur opsi untuk menyembunyikan perangkat saat tidak menggunakan Quick Share.

Pastikan aplikasi Quick Share untuk Windows berjalan di latar depan atau latar belakang. Secara default, kamu dapat keluar dari aplikasi, dan aplikasi akan terus berjalan dari ikonnya di Windows System Tray.

4. Kirim file ke PC

Cara mudah berbagi file antara Windows dan Android menggunakan Quick Share Google foto: tangkapan layar

Di perangkat Android, buka file yang ingin kamu bagikan. Salah satu cara untuk melakukan tugas ini adalah dengan meluncurkan aplikasi File dan menavigasi ke file pilihan kamu. Jika membagikan foto atau video, kamu dapat melakukannya dari aplikasi Foto.

Dengan file terbuka, ketuk ikon Bagikan di Android dan pilih Quick Share. Pilih nama PC Windows kamu. Pertama kali melakukan ini, kamu perlu memasangkan perangkat Android dan komputer.

5. Terima file

Cara mudah berbagi file antara Windows dan Android menggunakan Quick Share Google foto: tangkapan layar

File dikirim ke komputer, di mana kamu dapat membukanya di aplikasi terkait.

(brl/red)