Cara mudah melihat dan menyalin kata sandi Wi-Fi di iPhone

Cara mudah melihat dan menyalin kata sandi Wi-Fi di iPhone

Techno.id - Saat ini para pengguna iPhone terus memperhatikan beragam fitur yang ada di dalam iOS 18. Meski masih dalam versi beta, namun sistem operasi terbaru Apple ini memberi pengguna iPhone beberapa fitur baru yang utama seperti mempersonalisasi layar kunci dan mengedit iMessage.

Kendati begitu, tidak ada salahnya untuk menoleh kebelakang sejenak mengenai iOS 16. Ada pembaruan fitur kecil yang dirilis pada iOS 16 dan hingga kini terus dipertahankan, yakni kemampuan untuk melihat dan menyalin kata sandi Wi-Fi jauh lebih mudah daripada versi OS sebelumnya.

Sebelum iOS 16, saat mencoba terhubung ke Wi-Fi, perangkat iOS lain pada SSID yang sama akan di-ping bahwa seseorang mencoba terhubung ke jaringan, yang dapat dengan mudah dibagikan. Berikut cara melihat dan menyalin kata sandi Wi-Fi di iOS 16+ dan iPadOS 16+. Untuk lebih lanjut, lihat pengaturan yang harus kamu ubah setelah menginstal iOS 18 dan semua rumor iPhone 16.

Cara melihat kata sandi jaringan Wi-Fi di iPhone atau iPad

Cara mudah melihat dan menyalin kata sandi Wi-Fi di iPhone foto: tangkapan layar

Agar ini berfungsi, kamu harus terhubung ke jaringan Wi-Fi atau pernah terhubung dengannya di masa lalu dan cukup dekat dengan router agar jaringan muncul di pengaturan. Jika kamu memenuhi persyaratan ini, luncurkan aplikasi Pengaturan di iPhone atau iPad yang menjalankan iOS 16 atau iPadOS 16 atau versi lebih baru, lalu lakukan hal berikut.

1. Buka Pengaturan

2. Klik Wi-Fi.

3. Temukan jaringan Wi-Fi yang kamu inginkan kata sandi dan ketuk ikon informasi biru di sebelah kanan nama jaringan.

4. Ketuk Kata Sandi dan gunakan Face ID, Touch ID atau masukkan kode sandi kamu untuk melihat kata sandi.

5. Terakhir, tekan Salin untuk menyimpan kata sandi ke clipboard.

Kamu kemudian dapat menempelkan kata sandi jaringan Wi-Fi ke dalam pesan teks atau email untuk membagikannya dengan seseorang atau hanya memberi tahu mereka kata sandi.

(brl/red)