Cara mudah membersihkan casing True Wireless Sound, lakukan dengan hati-hati

Cara mudah membersihkan casing True Wireless Sound, lakukan dengan hati-hati

Techno.id - Saat ini penggunaan True Wireless Stereo (TWS) semakin marak. Selain nyaman karena tidak diribetkan dengan panjangnya kabel, TWS atau earbuds juga sangat trendy untuk melengkapi gaya hidup saat menikmati hiburan, terutama musik.

Namun satu hal yang pasti, saat menggunakan earbud, kamu pasti membawanya dengan casing. Sebab selain sebagai tempat earbuds, casing juga merupakan sumber daya untuk pengisian ulang.

Saat menyimpannya baik di saku atau di dalam tas sepanjang hari, tidak menutup kemungkinan akan membuat casing earbuds sangat kotor. Karena itu menjaga kebersihan casing earbud, sangat penting. Berikut cara membersihkan casing earbud.

Cara mudah membersihkan casing True Wireless Sound, lakukan dengan hati-hati foto: freepik/eyeem

1. Gunakan kain yang lembut dan tidak berserabut

Mulailah hanya dengan menggunakan kain di permukaan casing earbud. Segala jenis kain lembut dan bebas serat sudah cukup. Disarankan menggunakan kain mikrofiber. Singkirkan kotoran menggunakan kain. Pastikan tidak ada sesuatu yang abrasif pada kain yang dapat menggores casing.

2. Gunakan setetes isopropil alkohol

Untuk noda atau kotoran yang lebih membandel, tambahkan setetes alkohol isopropil ke kain. Jangan gunakan terlalu banyak. Yang terpenting, jangan pernah memasukkan cairan apa pun ke dalam port pengisian daya karena dapat merusak casing secara permanen. Sebagai gantinya, cukup tambahkan beberapa tetes alkohol ke kain dan seka casing untuk menghilangkan noda membandel. Pastikan gunakan isopropil alkohol adalah 70%.

Cara mudah membersihkan casing True Wireless Sound, lakukan dengan hati-hati foto: freepik

3. Bersihkan dan keringkan dengan kapas

Setelah kamu membersihkan bagian luar casing, gunakan kapas (cotton bud) atau sikat gigi berbulu lembut untuk membersihkan bagian dalamnya. Hindari apa pun yang kasar, tajam, atau abrasif yang dapat merusak casing.

Ingat, jangan gunakan cairan apa pun di sini, tetapi seka perlahan port pengisian daya dan kontak logam untuk merapikannya dengan baik. Sebab serat pada port pengisian daya dapat menjadi alasan mengapa earbud tidak berfungsi, karena tidak bisa mengisi daya.

(brl/red)