Cara mudah memperbarui perangkat lunak sistem di PS5

Cara mudah memperbarui perangkat lunak sistem di PS5

Techno.id - Memperbarui perangkat lunak sistem di PlayStation 5 sangat penting untuk mengakses fitur baru dan mempertahankan pengalaman bermain game yang lancar. Setiap pembaruan dari Sony tidak hanya meningkatkan stabilitas konsol tetapi juga mencakup peningkatan keamanan dan perbaikan bug.

Selain itu, pembaruan ini mengoptimalkan PS5 untuk game dan fitur terbaru. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menginstal pembaruan segera setelah tersedia.

Kabar baiknya adalah PS5 secara otomatis memeriksa pembaruan perangkat lunak sistem saat terhubung ke internet, jadi kamu akan menerima peringatan saat pembaruan tersedia. Namun, kamu juga dapat memeriksa dan menerapkan pembaruan secara manual. Kamu dapat memperbarui langsung melalui pengaturan PS5 atau untuk pendekatan yang lebih langsung, gunakan drive USB untuk melakukan pembaruan manual.

Terlepas dari metode yang dipilih, prosesnya cukup mudah. Berikut cara memperbarui perangkat lunak sistem di PS5 dan tindakan yang harus dilakukan jika mengalami masalah.

Unduh dan instal perangkat lunak sistem PS5 dari internet

Cara mudah memperbarui perangkat lunak sistem di PS5 foto: slashgear/pankil shah

Cara termudah untuk memperbarui perangkat lunak sistem di PS5 adalah melalui menu Pengaturan. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

1. Buka layar beranda PS5 dan pilih opsi Pengaturan di pojok kanan atas.

2. Gulir ke bawah untuk memilih Sistem.

3. Buka tab Perangkat Lunak Sistem dan pilih "Pembaruan dan Pengaturan Perangkat Lunak Sistem."

4. Pilih opsi "Pembaruan Perangkat Lunak Sistem".

5. Pilih "Perbarui Menggunakan Internet" dan tunggu PS5 memeriksa pembaruan yang tertunda. Jika pembaruan tersedia, pilih tombol Perbarui untuk menginstalnya.

Jika tidak dapat mem-boot konsol secara normal atau mengakses layar beranda, kamu juga dapat memperbarui perangkat lunak sistem menggunakan mode aman PS5. Begini caranya.

1. Matikan PS5 dan sambungkan pengontrol nirkabel DualSense ke konsol menggunakan kabel USB.

2. Tekan dan tahan tombol Daya PS5 hingga berbunyi bip dua kali untuk masuk ke mode aman.

3. Tekan tombol PS pada pengontrol dan pilih opsi Perbarui Perangkat Lunak Sistem.

4. Pilih opsi "Perbarui Menggunakan Internet".

5. PS5 sekarang akan mencoba mengunduh perangkat lunak sistem dari internet.

Perhatikan bahwa salah satu metode mungkin melihat PS5 restart beberapa kali selama penginstalan pembaruan, jadi penting untuk tidak mengganggu prosesnya.

Unduh dan instal perangkat lunak sistem PS5 menggunakan drive USB

Cara mudah memperbarui perangkat lunak sistem di PS5 foto: slashgear/pankil shah

Cara lain untuk memperbarui perangkat lunak sistem PS5 adalah dengan menggunakan PC atau MacBook. Metode ini sangat berguna jika konsol tidak terhubung ke internet atau jika kamu lebih suka pembaruan manual.

Untuk melakukan ini, kamu harus format drive USB ke FAT32 atau exFAT. Setelah memformat drive, kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk mengunduh pembaruan ke drive USB.

1. Hubungkan drive USB ke PC atau MacBook dan buat folder bernama PS5 di atasnya.

2. Di dalam folder PS5, buat folder lain dan beri nama UPDATE.

3. Buka browser dan buka halaman pembaruan perangkat lunak sistem PS5.

4. Buka bagian Perbarui perangkat lunak sistem dan klik tombol File pembaruan konsol PS5.

5. Simpan PUP di folder UPDATE di drive USB.

6. Colokkan drive USB yang berisi file ke konsol PS5.

Setelah memasukkan drive USB, buka menu Pengaturan PS5 dan buka Perangkat Lunak Sistem > Sistem > Pembaruan Perangkat Lunak Sistem dan Pengaturan > Perbarui Perangkat Lunak Sistem > Pembaruan dari Drive USB. Kemudian, klik OK untuk mengonfirmasi. Atau, kamu dapat mem-boot PS5 ke mode aman seperti yang dijelaskan sebelumnya, lalu buka Perbarui Perangkat Lunak Sistem > Perbarui dari Drive USB untuk mengunduh dan menginstal pembaruan.

Ini yang harus dilakukan jika PS5 tidak dapat diperbarui

Cara mudah memperbarui perangkat lunak sistem di PS5 foto: freepik/diegothomazini

Meskipun memperbarui perangkat lunak sistem di PS5 umumnya mudah, terkadang kamu mungkin mengalami masalah di mana pembaruan gagal diunduh atau diinstal dan menunjukkan kesalahan. Dalam kasus seperti itu, tekan tombol PS pada pengontrol DualSense untuk membuka Pusat Kontrol, lalu pilih ikon Unduhan atau Unggahan. Sorot pembaruan perangkat lunak sistem, pilih Lihat Info Kesalahan, lalu pilih Coba Lagi.

Jika masalah berlanjut, mungkin ada masalah dengan internet kamu. Pastikan PS5 terhubung ke koneksi internet yang stabil, baik melalui sinyal Wi-Fi yang kuat atau koneksi Ethernet kabel. Kamu juga dapat mencoba memulai ulang router atau modem dan me-reboot PS5 untuk mengatasi gangguan sementara.

Hal lain yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa penyimpanan konsol tidak penuh. Jika ya, pertimbangkan untuk menghapus beberapa game, aplikasi, atau file media, atau memindahkannya ke penyimpanan eksternal ke Kosongkan ruang di PS5. Setelah melakukannya, kamu seharusnya dapat memperbarui perangkat lunak sistem seperti yang diharapkan.

(brl/red)