Cara mudah mencadangkan data ponsel cerdas Samsung Galaxy  

Cara mudah mencadangkan data ponsel cerdas Samsung Galaxy  

Techno.id - Ponsel cerdas menyimpan sejumlah besar informasi pribadi dan berharga, mulai dari foto, kontak hingga dokumen dan aplikasi penting. Hal ini membuatnya penting untuk mencadangkan data secara teratur untuk mencegah kehilangan yang tidak disengaja karena kerusakan perangkat, pencurian, atau masalah perangkat lunak yang tidak terduga.

Jika memiliki ponsel Samsung Galaxy, kamu dapat dengan mudah mencadangkan data ke cloud, memastikannya tetap aman dan dapat diakses kapan pun kamu membutuhkannya.

Apakah kamu ingin meningkatkan ke perangkat baru atau hanya ingin melindungi data, mengetahui cara mencadangkan data ponsel cerdas Samsung Galaxy sangat penting. Samsung menawarkan layanan cloud-nya sendiri, Samsung Cloud, yang terintegrasi dengan mulus dengan perangkat, sementara Google Drive menyediakan opsi andal lainnya untuk pencadangan data.

Berikut langkah-langkah untuk mencadangkan data ponsel cerdas Samsung Galaxy menggunakan kedua layanan, sehingga kamu dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Mencadangkan data ke Samsung Cloud

Cara mudah mencadangkan data ponsel cerdas Samsung Galaxy foto: tangkapan layar

Mencadangkan data ponsel cerdas Galaxy ke Samsung Cloud adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengamankan data. Samsung Cloud memungkinkan kamu menyimpan berbagai macam informasi, termasuk log panggilan, kontak, aplikasi, dan pengaturan, memastikan bahwa data kamu terlindungi dan mudah dipulihkan saat diperlukan. Berikut cara mencadangkan data ponsel Galaxy Anda ke Samsung Cloud.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel.

2. Gulir ke bawah untuk mengetuk Akun dan cadangan.

3. Di bawah bagian Samsung Cloud, pilih Cadangkan data.

4. Gunakan sakelar untuk menentukan apa yang ingin kamu cadangkan.

5. Ketuk Cadangkan sekarang untuk mengonfirmasi.

6. Tekan Selesai setelah pencadangan selesai.

Samsung Cloud menyediakan penyimpanan gratis sebesar 15GB, yang merupakan ruang yang cukup untuk sebagian besar pengguna. Namun, penting untuk dicatat bahwa itu tidak mencadangkan file yang lebih besar dari 1GB. Selain itu, Samsung Cloud tidak menyertakan dokumen dan foto yang disimpan secara lokal, jadi kamu harus mencadangkannya secara terpisah menggunakan layanan penyimpanan cloud lain atau perangkat penyimpanan eksternal.

Setelah mencadangkan ponsel Galaxy, kamu dapat memulihkan data tersebut di ponsel Galaxy yang sama atau lainnya. Ingatlah bahwa kamu tidak dapat memulihkan data ini di perangkat non-Samsung. Untuk memulihkan data di ponsel Galaxy, buka Pengaturan > Akun dan cadangan > Samsung Cloud > Pulihkan data. Kemudian, pilih cadangan dari mana kamu ingin memulihkan data dan tekan Pulihkan untuk memulai proses.

Mencadangkan data ke Google Drive

Cara mudah mencadangkan data ponsel cerdas Samsung Galaxy foto: tangkapan layar

Meskipun mencadangkan data ponsel Galaxy ke Samsung Cloud sangatlah mudah, ini tidak berguna jika kamu perlu memulihkannya di perangkat non-Samsung. Dalam hal ini, opsi terbaik adalah mencadangkan data ke Google Drive, yang memungkinkan kamu menyimpan riwayat panggilan, pesan, aplikasi, foto, video, dan lainnya. Berikut cara mencadangkan data ponsel Galaxy ke Google Drive.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Galaxy.

2. Ketuk Akun dan cadangan.

3. Di bagian Google Drive, ketuk Cadangkan data.

4. Gunakan kotak centang untuk memilih data yang ingin dicadangkan dan tekan Konfirmasi.

5. Ketuk Kelola Cadangan dan tekan Cadangkan sekarang.

Ingatlah bahwa pencadangan ini akan dihitung terhadap penyimpanan Google Drive kamu. Google Drive menawarkan penyimpanan gratis sebesar 15GB, tetapi memutakhirkan paket Google One yang menyediakan ruang tambahan untuk file yang lebih besar, seperti foto dan video. Setelah semuanya dicadangkan, kamu dapat memulihkan cadangan Google Drive selama proses penyiapan perangkat Android apa pun.

(brl/red)