Cara mudah mentransfer daftar putar Apple Music ke YouTube Music

Cara mudah mentransfer daftar putar Apple Music ke YouTube Music

Techno.id - Apple Music telah memperkenalkan alat yang memungkinkan pengguna mentransfer daftar putar mereka ke dan dari YouTube Music. Padahal sebelumnya Apple dikenal sebagai perusahaan yang sangat ketat dengan ekosistemnya. Artinya, berbagai fitur atau aplikasi hanya bisa dijalankan menggunakan perangkat mereka sendiri.

Namun dengan opsi ini, bisa diartikan sebagai kolaborasi AppleGoogle yang sangat bermanfaat bagi pengguna di masa depan. Namun sebelum dimulai, ada beberapa hal yang perlu diingat. Kamu hanya dapat mentransfer daftar putar yang atau kolaborasikan. Sementara daftar putar bersama yang dibuat dengan orang lain tidak akan dapat dipindahtangankan.

Podcast, buku audio, gambar sampul, dan file audio non-lagu lainnya juga tidak akan ditransfer, dan folder apa pun yang digunakan untuk mengatur daftar putar tidak akan ikut serta ditransfer.

Deskripsi daftar putar akan ditransfer, jadi kamu tidak perlu membuatnya ulang dari awal. Terakhir, sebuah lagu harus tersedia di kedua platform agar dapat dipindahtangankan, dan kamu harus memiliki akun aktif di kedua platform. Berikut cara menggunakan alat transfer daftar putar baru antar platform ini.

Cara mentransfer daftar putar dari Apple Music ke YouTube Music

Cara mudah mentransfer daftar putar Apple Music ke YouTube Music foto: apple

1. Untuk memulai, buka Halaman Data dan Privasi Apple, lalu masuk dengan ID Apple kamu menggunakan kata sandi atau Kunci sandi.

2. Selanjutnya, pilih Transfer salinan data Kamu dari menu manajemen data.

3. Halaman berikutnya akan meminta kamu memilih apa yang ingin diekspor.

4. Pilih Daftar Putar Apple Music, dan klik Berikutnya. Di sini, kamu juga akan memiliki opsi untuk mentransfer foto dan video iCloud ke Google Foto.

5. Di halaman berikutnya, kamu akan melihat ringkasan semua item yang dipilih untuk ditransfer.

6. Klik Lanjutkan untuk melanjutkan, lalu pilih alamat email yang ditautkan ke YouTube Music dari pop-up masuk Google.

7. Kamu akan mendapatkan halaman konfirmasi saat kedua akun ditautkanklik Konfirmasi Ekspor untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jangan khawatir, mentransfer tidak menghapus daftar putar asli dari platform sumber. Layanan tujuan kemudian mereplikasi semua playlist kamu dengan cepat berdasarkan data ini.

Bergantung pada jumlah playlist yang ditransfer dan berapa banyak konten yang ada di dalamnya, proses memverifikasi permintaan dan menyalin playlist mungkin memakan waktu hingga 24 jam.

Kamu akan menerima email di alamat ID Apple saat transfer selesai. Buka perpustakaan YouTube Music untuk menikmati lagu-lagu favorit. Perlu diingat bahwa jika kamu memperbarui daftar putar setelah transfer, perubahan tidak akan tercermin di platform lain. Kamu harus menambahkan lagu secara manual agar daftar putar tetap sinkron.

(brl/red)