Cara mudah menyisipkan daftar isi di Microsoft Word

Cara mudah menyisipkan daftar isi di Microsoft Word

Techno.id - Daftar isi sangat berguna, terutama dalam dokumen panjang, karena menghilangkan kebutuhan menggulir banyak halaman untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan. Untungnya, Microsoft Word memudahkan penyisipan daftar isi ke dalam dokumen. Begini caranya.

Cara membuat daftar isi secara otomatis di Word

Cara mudah menyisipkan daftar isi di Microsoft Word foto: tangkapan layar

Microsoft Word secara otomatis dapat membuat daftar isi (Table of Content/TOC) berdasarkan judul dalam dokumen. Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus terlebih dahulu menerapkan gaya judul bawaan Word ke judul dan subjudul dalam dokumen tersebut.

Untuk membuat judul, pilih teks, buka tab Beranda, dan pilih gaya judul yang sesuai dari grup Gaya. Misalnya, gunakan Judul 1 untuk judul utama, Judul 2 untuk subjudul, dan seterusnya. Setelah selesai membuat judul, ikuti langkah-langkah ini untuk menyisipkan daftar isi ke dalam dokumen Word kamu.

1. Di dokumen Word, letakkan kursor di tempat kamu ingin menyisipkan daftar isi.

2. Beralih ke tab Referensi.

3. Klik Daftar Isi.

4. Pilih Tabel Otomatis 1 atau Tabel Otomatis 2 dari menu.

Word akan membuat dan menyisipkan daftar isi di lokasi yang ditentukan. Kamu kemudian dapat menavigasi ke judul dengan cepat dengan menahan tombol CTRL dan mengklik entri yang ingin kamu lompati. Jika ingin menghapus daftar isi dari dokumen, cukup buka Referensi > Daftar Isi dan pilih Hapus Daftar Isi.

Cara memperbarui daftar isi di Word

Cara mudah menyisipkan daftar isi di Microsoft Word foto: tangkapan layar

Meskipun Word memudahkan pembuatan TOC, Word tidak memperbaruinya secara otomatis saat kamu mengedit judul atau memindahkannya ke halaman yang berbeda. Untungnya, memperbarui daftar isi secara manual sangatlah mudah. Berikut cara melakukannya.

1. Klik di mana saja dalam daftar isi untuk memilihnya.

2. Klik tombol Perbarui Tabel yang muncul.

3. Pilih Perbarui nomor halaman hanya jika kamu hanya membuat perubahan yang memengaruhi nomor halaman.

4. Pilih Perbarui seluruh tabel jika ingin memperbarui seluruh daftar isi, termasuk judul.

5. Tekan OK untuk mengonfirmasi.

Daftar isi kamu sekarang akan diperbarui untuk mencerminkan perubahan terbaru dalam dokumen Word tersebut.

Cara menyesuaikan gaya dan tampilan daftar isi

Cara mudah menyisipkan daftar isi di Microsoft Word foto: tangkapan layar

Jika daftar isi default Word terasa terlalu sederhana, jangan khawatir. Word menawarkan beberapa opsi penyesuaian untuk membantu kamu menyesuaikannya agar sesuai dengan desain dokumen kamu. Berikut cara membuat daftar isi lebih menarik secara visual.

1. Di dokumen Word kamu, buka tab Referensi.

2. Klik Daftar Isi dan pilih Daftar Isi Kustom.

3. Di bagian Pratinjau Cetak, gunakan kotak centang untuk menampilkan atau menyembunyikan nomor halaman dan menyesuaikan perataan. Kamu juga dapat mengubah gaya pola antara judul judul dan nomor halaman.

4. Di bawah bagian Umum, kamu dapat memilih dari gaya yang telah ditentukan sebelumnya dan menentukan jumlah tingkat judul yang ingin kamu tampilkan di daftar isi.

5. Klik Ubah untuk mengubah tampilan item dalam daftar isi.

6. Dalam daftar Gaya, pilih tingkat yang ingin kamu ubah, lalu klik Ubah untuk mengubah font, ukuran, warna, format, dan lainnya.

7. Setelah selesai membuat perubahan, klik OK.

Kamu bisa melakukan cara sekreatif mungkin saat memodifikasi daftar isi. Jika menyesuaikan daftar isi secara manual terlalu ribet, kamu dapat mengunduh template gratis yang sudah jadi dari web. Apakah kamu memilih untuk membuat daftar isi secara manual atau menggunakan template, seharusnya tidak memakan banyak waktu setelah terbiasa dengan prosesnya.

(brl/red)