Cara mulai menggunakan Gemini 1.5 Pro gratis

Cara mulai menggunakan Gemini 1.5 Pro gratis

Techno.id - Google merilis Gemini 1.5 Pro pada Februari 2024, tetapi modelnya baru tersedia secara luas pada Juni 2024. Sejak itu, alat AI ini mampu mengadopsi berbagai hal dengan cepat. Meskipun kamu harus membayar biaya berlangganan untuk mengakses rangkaian fitur lengkapnya, tetapi ada cara yang dapat kamu lakukan untuk mulai menggunakan Gemini 1.5 Pro secara gratis.

Namun sebelum menggunakannya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu, apa itu Gemini 1.5 Pro? Gemini 1.5 Pro adalah model berukuran sedang dengan berbagai kemampuan, termasuk transkripsi, peringkasan, dan pengkodean. Model ini dapat menangani hingga 1 juta token input, memungkinkannya memproses sejumlah besar data dan tugas kompleks secara efisien. Namun, jika kamu ingin memanfaatkan potensi penuh Gemini 1.5 Pro, kamu harus berlangganan paket berbayar.

Harga inputnya ada dua pilihan, USD3,50 atau sekitar Rp56 ribu per 1 juta token (untuk permintaan hingga 128 ribu token) dan USD7 atau sekitar Rp112 ribu per 1 juta token (untuk permintaan yang lebih panjang dari 128 ribu). Sementara harga output-nya USD10,50 atau sekitar Rp169 ribu per 1 juta token (untuk permintaan hingga 128 ribu token) dan USD21 atau sekitar Rp338 ribu per 1 juta token (untuk permintaan yang lebih panjang dari 128 ribu).

Sementara angka pastinya bervariasi, jendela konteks Gemini 1.5 Pro yang sangat besar berarti dapat menangani lebih dari 500.000 kata sekaligus, dengan beberapa perkiraan hingga 700.000.

Cara menggunakan gemini 1.5 Pro gratis

Cara mulai menggunakan Gemini 1.5 Pro gratis foto: google

Meskipun versi Gemini 1.5 Pro dengan batas token 1 juta berada di balik paywall, kamu dapat mengakses versi gratis dari model tersebut dengan tunduk pada batas tarif tertentu. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka halaman Google AI for Developers.

2. Klik Alat.

3. Pilih Google AI Studio dari menu drop-down.

4. Klik Login ke Google AI Studio.

5. Di panel kanan, pastikan Gemini 1.5 Pro dipilih sebagai model AI.

6. Kamu sekarang dapat memasukkan prompt dan melihat respons model di jendela.

Cara lain untuk mengakses Gemini 1.5 Pro adalah jika kamu berlangganan Google Advanced, yang banyak dibandingkan dengan ChatGPT 4. Meskipun langganan secara teknis berharga USD19,99 atau sekitar Rp322 ribu per bulan, kamu mendapatkan sejumlah manfaat tambahan selain akses ke model AI, seperti penyimpanan hingga 2TB dari Google One dan integrasi dengan aplikasi Google Workspace.

Jika tidak yakin apakah langganan Google Lanjutan adalah pilihan yang tepat, pastikan untuk memeriksa apakah kamu memenuhi syarat untuk mendaftar uji coba gratis.

Ini yang dapat kamu lakukan dengan Gemini 1.5 Pro

Cara mulai menggunakan Gemini 1.5 Pro gratis foto: google

Gemini 1.5 Pro disebut-sebut sebagai salah satu model AI Google yang paling mumpuni, tetapi apa sebenarnya yang dapat kamu lakukan dengannya? Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu gunakan untuk model ini.

1. Ringkasan

Jika ingin meringkas temuan utama dari laporan atau lusinan tabel numerik, Gemini 1.5 Pro dapat memanfaatkan kemampuannya untuk mengekstrak informasi yang paling relevan dan menguraikannya dengan cara yang jelas dan ringkas.

2. Transkripsi audio

Jika perlu menyalin catatan rapat, Gemini 1.5 Pro dapat mengekstrak ucapan yang relevan dari klip audio untuk transkripsi sambil mengabaikan suara latar belakang.

3. Perbandingan

Gemini 1.5 Pro dapat membandingkan berbagai versi dokumen atau kumpulan data dan menyoroti perubahan apa pun, serta persamaan dan perbedaan.

4. Pengkodean

Kamu juga dapat menjalankan dan mengedit kode Python dalam Gemini 1.5 Pro. Fitur ini mungkin sangat berguna bagi pengembang yang perlu menguji atau menghasilkan skrip.

Gemini 1.5 Pro jelas merupakan model AI yang kuat dengan serangkaian fitur yang luas. Meskipun memiliki label Pro dalam namanya, jangan biarkan hal itu membuat kamu kecewa. Ada banyak hal yang dapat kamu gunakan untuk Gemini dalam kehidupan sehari-hari.

(brl/red)