Cara restart atau mematikan MacBook secara paksa menggunakan pintasan keyboard saat error dan hang

Cara restart atau mematikan MacBook secara paksa menggunakan pintasan keyboard saat error dan hang

Techno.id - Banyak orang beranggapan kinerja MacBook sangat bisa diandalkan dan jarang membuat pengguna khawatir. Namun ada juga saat-saat ketika kamu mengalami MacBook yang error dan nge-hang.

Layar MacBook membeku dan berhenti merespons, tidak peduli berapa banyak tombol yang kamu tekan. Dalam situasi ini, memulai ulang atau mematikan MacBook dengan cara biasa menjadi tidak mungkin. Lagi pula, bagaimana kamu bisa mengklik ikon Apple di bilah menu dan memilih Restart atau Matikan jika layar tidak responsif?

Meskipun kamu dapat menemukan banyak pintasan keyboard online untuk mematikan atau memulai ulang MacBook, kebanyakan daricara tersebut sudah usang dan tidak lagi berlaku untuk MacBook modern atau versi macOS. Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk mematikan MacBook tanpa mengandalkan metode tradisional adalah dengan mematikannya secara paksa atau dengan membuat pintasan keyboard khusus.

Pintasan keyboard bisa menjadi penyelamat saat MacBook tidak merespons. Berikut cara memulai ulang atau mematikan MacBook menggunakan pintasan keyboard.

Matikan paksa

Cara restart atau mematikan MacBook secara paksa menggunakan pintasan keyboard saat error dan hang foto: freepik/eyeem

Seperti semua laptop, MacBook juga memiliki tombol daya. Satu-satunya cara untuk mematikan MacBook secara paksa jika tidak merespons adalah dengan menggunakan tombol dayanya. Di model MacBook Air dan Pro, kamu biasanya akan menemukan tombol daya di sudut kanan atas keyboard. Model lama mungkin memiliki simbol daya, sedangkan MacBook yang lebih baru menggunakan sensor Touch ID sebagai tombol daya.

Untuk mematikan Mac, yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan dan menahan tombol dayanya selama beberapa detik hingga layar menjadi gelap. Jadi, pastikan untuk terus menekan tombol untuk mematikan MacBook secara paksa. Kamu kemudian dapat memulai ulang MacBook dengan menekan tombol daya atau tombol apa pun.

Perlu diingat bahwa mematikan MacBook secara paksa harus menjadi upaya terakhir, karena akan menyebabkan kamu kehilangan data yang tidak tersimpan. Di masa lalu, pintasan keyboard seperti Control + Power atau Control + Media Eject akan menampilkan dialog yang meminta kamu untuk memulai ulang, tidur, atau mematikan MacBook.

Namun, MacBook modern, seperti MacBook Air M2024 3, tidak lagi memiliki tombol Pemoting Media, dan pintasan ini tidak berfungsi dengan sensor Touch ID, meskipun berfungsi sebagai tombol daya.

(brl/red)