Coba deh 11 tips ini, dijamin bikin ponsel lama kamu seperti baru lagi

Coba deh 11 tips ini, dijamin bikin ponsel lama kamu seperti baru lagi

Tips bikin ponsel lama seperti baru

5. Ganti pelindung layar

Coba deh 11 tips ini, dijamin bikin ponsel lama kamu seperti baru lagi foto: freepik/nitayuko

Serupa dengan baterai, pelindung layar juga bisa rusak seiring waktu. Pelindung layar yang lecet atau retak tidak akan pernah menyenangkan untuk digunakan. Dari sisi tampilan juga akan membuat ponsel kamu terlihat lawas.

Untungnya, pelindung layar cukup murah, dan kamu hampir selalu dapat menemukan yang kompatibel dengan layar ponsel kamu. Jadi, segera ganti pelindung layar dengan yang baru.

6. Ganti penutup belakang

Coba deh 11 tips ini, dijamin bikin ponsel lama kamu seperti baru lagi foto: freepik/bublikhaus

Meskipun tidak ada yang salah dengan tetap menggunakan penutup belakang selama masih berfungsi, namun penutup tersebut pasti akan kotor dan berubah warna seiring berjalannya waktu. Jika kamu memiliki salah satu casing TPU yang transparan, kemungkinan besar casing tersebut akan berubah warna menjadi kekuningan. Karena itu kamu bisa mengganti penutup belakang dengan yang baru agar ponsel kamu terus terasa seperti baru.

7. Hapus media yang tidak penting

Coba deh 11 tips ini, dijamin bikin ponsel lama kamu seperti baru lagi foto: freepik/rawpixel

Seiring berjalannya waktu, ponsel kamu akan dipenuhi dengan gambar, video, dokumen, GIF, dan banyak lagi. Begitu banyak dari media tersebut yang menyebabkan ruang penyimpanan ponsel penuh.

Jika penyimpanan internal ponsel kamu penuh, hal ini akan memengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan karena tidak ada ruang bernapas bagi ponsel untuk memproses berbagai fungsi dengan lancar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kamu merapikan ponsel setiap tiga sampai enam bulan sekali. Telusuri media penyimpanan dan hapus semua item yang tidak penting atau yang tidak lagi kamu perlukan. Semakin banyak penyimpanan yang dapat kamu bersihkan, semakin baik.

8. Hapus aplikasi lama yang tidak digunakan

Coba deh 11 tips ini, dijamin bikin ponsel lama kamu seperti baru lagi foto: freepik

Hapus semua aplikasi yang tidak berguna. Jika kamu membutuhkan salah satu dari aplikasi tersebut, kamu bisa mengunduhnya kembali.

Aplikasi yang tidak terpakai hanya akan mempersulit kamu karena memakan penyimpanan, menghabiskan RAM dengan berjalan di latar belakang, dan membuat ponsel terasa berantakan. Menghapusnya akan membantu menyediakan lebih banyak ruang untuk aplikasi baru.

(brl/red)