Fitur baru TikTok ini akan membantu kamu mengelola FYP, begini cara menggunakannya

Fitur baru TikTok ini akan membantu kamu mengelola FYP, begini cara menggunakannya

Techno.id - Buat kamu pengguna aplikasi video pendek TikTok mungkin kerap merasa bingung dengan konten For You Page (FYP) yang berseliweran ketika membuka aplikasi tersebut. tidak sedikit konten yang sebenarnya tidak kamu sukai malah terus muncul di FYP.

Namun kini tak perlu khawatir karena TikTok meluncurkan fitur baru yang menawarkan lebih banyak transparansi ke dalam algoritme kamu dan mudah disiapkan. Lantas apa itu fitur Kelola Topik TikTok?

Nah algoritme TikTok itu selalu diselimuti misteri. Umumnya konten yang kerap kamu lihat di TikTok memengaruhi feed FYP kamu, apalagi jika itu adalah frasa yang sering dikomentari. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi ini telah menambahkan fitur untuk memberi kamu kontrol atas apa yang disajikan, seperti tombol Tidak tertarik, yang membantu menyaring konten yang tidak diinginkan di TikTok.

Sekarang, alat kelola topik memungkinkan kamu menilai berbagai topik, mulai dari Seni Kreatif dan Tari hingga Hewan Peliharaan dan Alam. Menurut halaman dukungan TikTok tentang topik tersebut, mungkin perlu waktu bagi TikTok untuk sepenuhnya mengintegrasikan preferensi dengan feed kamu.

Cara menggunakan fitur kelola topik baru TikTok

Fitur baru TikTok ini akan membantu kamu mengelola FYP, begini cara menggunakannya foto: tangkapan layar

Kamu dapat menemukan fitur Kelola topik di preferensi konten. Berikut cara menggunakannya.

1. Buka TikTok dan ketuk ikon Profil kamu di bagian bawah layar.

2. Ketuk ikon menu (tiga baris) di pojok kanan atas.

3. Pilih Setelan dan privasi > Preferensi konten > Kelola topik.

4. Kamu akan melihat halaman dengan serangkaian penggeser, yang memungkinkan kamu menilai topik yang ingin dilihat lebih banyak atau lebih sedikit. Ada topik yang mengenai Seni Kreatif, Urusan Terkini, Tari, Mode & Kecantikan, Makanan & Minuman, Kesehatan & Kebugaran, Humor, Gaya Hidup, Alam, Hewan Peliharaan, Olahraga, dan Perjalanan.

Fitur baru ini dapat memfokuskan konten FYP kamu sejak awal. Misalnya, di masa lalu, TikTok menayangkan video lucu. Setelah kamu meningkatkan slider humor, maka kamu akan melihat lebih banyak video komedi. Jelas, alat ini menjanjikan untuk dapat meresepkan dengan lebih baik apa yang kamu inginkan atau sebaliknya.

(brl/red)