Fitur Temukan Perangkat Saya tetap berfungsi meski ponsel yang hilang dimatikan, begini cara kerjanya

Fitur Temukan Perangkat Saya tetap berfungsi meski ponsel yang hilang dimatikan, begini cara kerjanya

Techno.id - Beberapa tahun lalu, menemukan ponsel kamu yang hilang atau dicuri namun perangkat dalam keadaan mati atau dimatikan tampaknya mustahil. Saat ini, adalah mungkin dan bahkan menjadi hal yang biasa untuk menemukan lokasi ponsel, meskipun dimatikan.

Ingin tahu bagaimana cara kerja fitur Temukan Perangkat Saya berfungsi saat ponsel cerdas dimatikan? Yuk simak penjelasannya yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

Fitur Temukan Perangkat Saya dapat memanfaatkan cadangan baterai dan chip khusus

Fitur Temukan Perangkat Saya tetap berfungsi meski ponsel yang hilang dimatikan, begini cara kerjanya foto: freepik/user6724086

Sistem baterai cadangan biasanya digunakan dalam bidang otomotif. Baterai ini menyimpan dan menyediakan daya dalam jumlah tertentu untuk waktu yang singkat setelah daya baterai utama habis.

Sementara ponsel cerdas tidak benar-benar memiliki kapasitas cadangan khusus dengan cara yang sama, tetapi ponsel mengandalkan sistem manajemen baterai (BMS) canggih yang menawarkan fitur serupa.

BMS ini terus memantau baterai dan mencegahnya habis di bawah ambang batas tertentu. Ambang batas ini melindungi baterai dari kerusakan dan memastikan kinerjanya tetap optimal. Mekanisme perlindungan ini dapat mengakibatkan sisa daya meskipun baterai ponsel habis.

Di beberapa ponsel cerdas, BMS memungkinkan komponen seperti Bluetooth (BT) dan ultra-wideband (UBW) tetap aktif dalam kondisi daya rendah meskipun ponsel dimatikan. Meskipun ponsel dimatikan secara teknis, elemen yang diperlukan tetap aktif dalam kondisi daya rendah. Hal ini memungkinkan fitur pelacakan berfungsi untuk waktu yang terbatas, menghabiskan masa pakai baterai yang minimal.

Bayangkan kamu menggunakan iPhone 11 atau yang lebih baru (setidaknya menggunakan iOS 15.2). Setelah mematikan perangkat, chip nirkabel tertentu tetap aktif dalam mode cadangan daya hingga 5 jam, memungkinkan pelacakan dilanjutkan. Desain ini memastikan bahwa iPhone kamu dapat terus mentransmisikan lokasinya ke Jaringan Lacak Apple, jaringan pelacakan yang mirip dengan Perangkat Lacak Google.

Kemampuan mode daya rendah tidak terbatas pada iPhone, dengan driver, chip, dan kode yang tepat, kamu juga dapat menemukan perangkat Android yang dimatikan. Beberapa perangkat premium telah mengintegrasikan kemampuan ini.

(brl/red)