Fitur Temukan Perangkat Saya tetap berfungsi meski ponsel yang hilang dimatikan, begini cara kerjanya

Fitur Temukan Perangkat Saya tetap berfungsi meski ponsel yang hilang dimatikan, begini cara kerjanya

Fitur Temukan Perangkat Saya

Fitur Temukan Perangkat Saya menggunakan sistem berbagi lokasi crowdsourcing

Fitur Temukan Perangkat Saya tetap berfungsi meski ponsel yang hilang dimatikan, begini cara kerjanya foto: freepik/eyeem

Perangkat dengan daya cadangan dapat mengirimkan data lokasi yang akurat selama daya cadangan mereka bertahan. Namun, perangkat tanpa chip khusus atau daya baterai cadangan hanya dapat mengirimkan data lokasi real time sebelum dimatikan.

Fitur Find My Device Google, seperti Find My Mobile Samsung dan Find My Network Apple, sekarang menggunakan data lokasi crowdsourced untuk membantu kamu menemukan perangkat berdasarkan lokasi terbaru yang diketahui.

Fitur Temukan Perangkat Saya menggunakan perangkat terdekat sebagai titik referensi. Misalnya, perangkat Android lain atau aksesori yang kompatibel di sekitarnya dapat mendeteksi perangkat yang hilang, memberikan perkiraan lokasi. Sistem ini bekerja paling baik di area lalu lintas tinggi di mana beberapa perangkat dapat membantu melakukan triangulasi posisi rekaman terakhir ponsel kamu.

Setelah kamu mengaktifkan fitur Temukan perangkat offline, ponsel atau tablet Android kamu (dengan OS 9 atau yang lebih baru) mulai berpartisipasi dalam jaringan Temukan Perangkat Saya. Fitur ini telah diluncurkan, dimulai dengan perangkat Android di Amerika Serikat dan Kanada, sejak April 2024.

Jaringan Lacak Perangkat akan menggunakan lokasi perangkat kamu saat ini jika online, lokasinya saat terakhir online, atau lokasi yang di-crowdsourcing dari perangkat Android lain di jaringan Lacak Perangkat jika perangkat kamu offline, untuk membantu kamu menemukan perangkat.

Perangkat Android yang berpartisipasi dalam jaringan Temukan Perangkat Saya menggunakan Bluetooth dan teknologi lain untuk memindai perangkat terdekat. Jika mereka mendeteksi perangkat Android kamu, mereka akan mengirimkan lokasinya dengan aman ke Cari Perangkat Saya. Perangkat Android kamu juga melakukan hal yang sama saat mendeteksi perangkat lain yang berpartisipasi.

Dengan menggunakan jaringan global perangkat Android ini, fitur Temukan Perangkat Saya dapat bekerja sama untuk menemukan perangkat kamu yang hilang hampir di mana saja. Kamu akan dapat menemukan perangkat dengan bantuan perangkat dan aksesori Android terdekat lainnya, yang juga mengaktifkan Temukan Perangkat Offline.

Jika perangkat kamu dimatikan, perangkat akan mengakses lokasi terakhir yang direkam atau data lokasi real time jika dalam kondisi daya rendah. Kini kemampuan untuk melacak perangkat yang dimatikan akan menjadi lebih luas karena produsen dan pembuat chip terus berinovasi.

(brl/red)