Google Docs sekarang dapat mengimpor dan mengekspor Markdown

Google Docs sekarang dapat mengimpor dan mengekspor Markdown

Techno.id - Google mengumumkan bahwa sekarang pengguna dapat mengonversi konten di Google Docs ke dan dari Markdown. Jika kamu belum dapat melakukannya, jangan khawatir, fitur ini mulai diluncurkan 16 Juli untuk semua pengguna Rilis Cepat dan Rilis Terjadwal, sebelum akhirnya mendarat di semua akun Google Workspace dan pribadi.

Sebagai informasi, Markdown adalah sintaks sederhana yang memformat teks sebagai header, daftar, huruf tebal, dan sebagainya. Bahasa markup ini cukup popular. Saat kamu menambahkan huruf tebal, miring, daftar bernomor, poin-poin, judul, dan sebagainya ke teks, kamu harus memformatnya. Nah Markdown adalah sintaks atau, seperangkat aturan yang memformat teks pada halaman web.

Secara tradisional, untuk memformat teks pada halaman web, orang menggunakan Hypertext Markup Language atau lebih dikenal sebagai HTML, salah satu anggota keluarga bahasa markup, bersama dengan eXtensible Markup Language (XML) dan Standard Generalized Markup Language (SGML).

Untuk memformat teks dengan HTML, kamu harus meletakkan tag di sekitar teks. Misalnya, jika ingin teks tebal, kamu mengetik ini adalah beberapa teks tebal . Ketika browser web kamu membaca halaman web, maka web menafsirkan tag HTML dan menerapkan format yang relevan.

Ketika melihat ini adalah beberapa teks tebal , maka web memahami bahwa apa pun antara tag dan akan muncul dalam huruf tebal. Browser juga menyembunyikan tag dan .

Google Docs sekarang dapat mengimpor dan mengekspor Markdown foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

HTML bisa sangat kompleks, dengan puluhan tag, seperti ,

, ,
    , dan banyak lainnya. Komputer tidak kesulitan membaca ini karena mereka hanya mengikuti sintaks (aturan HTML) dan menerapkan format yang cocok dengan tag.

    Tag, bagaimanapun, membuatnya cukup sulit bagi manusia untuk membaca HTML dan memahami bagaimana teks akan terlihat setelah komputer membuatnya. Jelas ini tidak terlalu user-friendly untuk orang yang tidak memiliki banyak pengalaman membacanya.

    Nah dengan pembaruan ini, berarti siapa pun dapat mencoba menulis konten teknis, dan tidak lagi mendapat hambatan yang disebabkan HTML. Sekarang, untuk melengkapi pengenalan dukungan yang diperluas pada tahun 2022 untuk membuat konten dengan Markdown di Docs, Google menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk mengonversi konten Docs ke dan dari Markdown. Pembaruan ini mencakup kemampuan untuk beberapa hal.

    1. Mengekspor Google Dokumen sebagai sintaks Markdown (melalui File > Download).

    2. Impor sintaks Markdown sebagai Google Doc (melalui File > Open atau dengan mengklik Open with Google Docs dari Google Drive).

    3. Konversi sintaks Markdown ke konten Google Dokumen sebagai opsi saat menempelkan teks.

    4. Konversi konten Google Dokumen ke sintaks Markdown saat menyalin teks

    Kamu tidak perlu membuat perubahan apa pun untuk mulai memaksimalkan peningkatan ini. Opsi impor dan ekspor diaktifkan secara default, meskipun menggunakan opsi salin dan tempel mengharuskan pengguna untuk mengaktifkan opsi ini dengan mengklik Alat, memilih Preferensi, dan mencentang Aktifkan Markdown.

    Tambahan yang banyak dituntut untuk Google Docs ini akan menjadi berkah bagi penulis. Lebih khusus lagi, karena Google Docs terkenal dengan kolaborasi yang mudah dan instan, pembaruan ini akan mendorong pengembang untuk menggunakan program ini untuk bekerja sama sebelum mengekspor konten mereka sebagai Markdown, memperlancar seluruh proses penulisan secara signifikan. Google juga memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengedit file Markdown langsung di Google Drive.

(brl/red)