Hey Siri tidak berfungsi di iPhone kamu? Begini 4 cara yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya

Hey Siri tidak berfungsi di iPhone kamu? Begini 4 cara yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya

Techno.id - Siri adalah asisten virtual canggih yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan iPhone hanya dengan menggunakan suara. Terlepas dari kemampuannya, ada kalanya Siri membuat kamu kecewa. Salah satu contohnya adalah ketika iPhone kamu gagal merespons perintah Hey Siri, yang memengaruhi kemampuan kamu untuk melakukan tugas menggunakan perintah suara.

Meskipun dapat diakses secara luas, Siri tidak tersedia di setiap negara atau wilayah, seperti yang disebutkan di Halaman dukungan resmi Apple. Jadi, jika kamu menggunakan Siri untuk pertama kalinya, ada baiknya mengonfirmasi terlebih dahulu bahwa Siri tersedia di wilayah kamu.

Jika kamu berada di area yang didukung dan Siri masih tidak aktif, mungkin ada beberapa alasan untuk masalah tersebut. Masalah paling umum, kamu belum secara benar mengaktifkan Siri di iPhone. Bisa juga karena masalah mikrofon, gangguan perangkat lunak, atau gangguan dari perangkat Apple terdekat. Jika kamu tidak tahu apa yang menyebabkan masalah, lakukan tips berikut untuk membuat iPhone merespons Hey Siri lagi.

1. Pastikan Siri diaktifkan dan diatur dengan benar

Hey Siri tidak berfungsi di iPhone kamu? Begini 4 cara yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya foto: tangkapan layar

Jika perintah Hey Siri tidak berfungsi di ponsel, hal pertama yang harus diperiksa adalah apakah kamu mengaturnya dengan benar. Berikut cara memeriksanya.

1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan gulir ke bawah untuk mengetuk Siri & Pencarian.

2. Pastikan sakelar Izinkan Siri Saat Terkunci diaktifkan.

3. Aktifkan opsi Dengarkan Hey Siri. Jika sudah menyala, coba matikan dan hidupkan kembali.

4. Ketuk Lanjutkan dan ikuti petunjuk di layar untuk melatih Siri mengenali suara kamu.

5. Setelah penyiapan selesai, ketuk Selesai.

6. Gulir ke bawah untuk mengetuk Bahasa dan pastikan diatur ke bahasa yang benar.

iPhone seharusnya merespons setiap kali kamu mengucapkan Hey Siri di dekat ponsel. Namun, penting untuk dicatat bahwa fitur Deteksi Facedown dapat mencegah Siri merespons perintah Hey Siri saat iPhone diletakkan menghadap ke bawah di atas meja. Jika kamu tidak menginginkannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Siri dan aktifkan opsi Selalu Dengarkan Hey Siri. Setelah ini, iPhone akan mendengarkan Hey Siri bahkan saat menghadap ke bawah.

2. Mulai ulang iPhone dan bersihkan mikrofon

Hey Siri tidak berfungsi di iPhone kamu? Begini 4 cara yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya foto: freepik/eyeem

Memulai ulang iPhone adalah cara sederhana namun efektif untuk menyelesaikan masalah sementara. Melakukannya akan membantu menghapus gangguan sementara yang mungkin mengganggu fungsionalitas Siri.

Untuk memulai ulang iPhone, tekan dan tahan salah satu tombol volume bersama dengan tombol samping hingga penggeser matikan muncul. Kemudian, seret penggeser ke kanan dan tunggu beberapa detik. Setelah itu, tekan dan tahan tombol daya lagi hingga logo Apple muncul untuk menghidupkan kembali iPhone.

Masalah dengan mikrofon iPhone dapat mencegahnya mendengar perintah Hey Siri meskipun semuanya diatur dengan benar. Hal ini dapat terjadi jika mikrofon tersumbat kotoran atau debu. Untuk memperbaikinya, bersihkan bukaan mikrofon secara perlahan menggunakan kain lembut dan kering. Mikrofon utama terletak di bagian bawah, di sebelah port pengisian daya. Pastikan untuk menghindari penggunaan benda tajam yang berpotensi merusak mikrofon saat membersihkan.

Setelah membersihkan mikrofon utama, kamu dapat menggunakan aplikasi Memo Suara bawaan untuk mengujinya. Cukup buka aplikasi, rekam pesan singkat, dan putar ulang untuk melihat apakah suaranya jernih. Jika iPhone tidak dapat merekam apa pun atau suaranya teredam, ambil langkah-langkah untuk memecahkan masalah mikrofon iPhone dan coba gunakan Hey Siri lagi.

(brl/red)