Hindari laptop terpapar sinar matahari saat cuaca sedang terik, ini 5 alasan dan bahayanya

Hindari laptop terpapar sinar matahari saat cuaca sedang terik, ini 5 alasan dan bahayanya

Techno.id - Mungkin ada dari kamu yang suka bekerja menggunakan laptop di luar ruang (outdoor) seperti di sebuah taman. Di satu sisi mungkin kebiasaan ini kamu lakukan untuk menghirup udara segar. Namun jika hari sedang terik, sebaiknya kamu hindari bekerja outdoor menggunakan laptop. Berikut beberapa masalah yang bisa ditimbulkan dari paparan sinar matahari yang dapat memengaruhi komputer kamu.

1. Laptop lebih cepat panas

Hindari laptop terpapar sinar matahari saat cuaca sedang terik, ini 5 alasan dan bahayanya foto: freepik/bestvector083

Idealnya laptop berada di suatu tempat dengan suhu antara 1035 derajat Celcius untuk beroperasi dengan nyaman. Tetapi meninggalkan laptop di bawah terik matahari hanya akan memicu panas berlebih. Matahari akan memberikan banyak panas ke laptop.

Radiasi inframerah dari matahari bakal membombardir laptop dengan energi panas, yang dapat menyebabkan suhu permukaan laptop meroket hingga sekitar 8090 derajat Celcius dalam waktu satu jam.

Saat suhu internal naik, CPU laptop akan melambat. Masalah ini dikenal sebagai pelambatan termal. Selain itu laptop biasanya akan mengalami masalah kinerja. Bahkan laptop yang terlalu panas akan mati dengan sendirinya untuk menghindari kerusakan perangkat keras permanen akibat panas berlebih tersebut.

Laptop yang lebih baru dengan pendinginan yang lebih canggih mungkin dapat mentolerir sinar matahari langsung sedikit lebih lama sebelum mengalami masalah kinerja atau mati karena panas.

2. Menurunkan kesehatan baterai

Hindari laptop terpapar sinar matahari saat cuaca sedang terik, ini 5 alasan dan bahayanya foto: unsplash/mika-baumeister

Sama seperti smartphone, baterai laptop saat ini umumnya menggunakan jenis lithium-ion yang sangat sensitif terhadap panas. Suhu tinggi dapat mempercepat reaksi kimia di dalam baterai, yang menyebabkan degradasi yang lebih cepat.

Masalah ini tidak hanya mengurangi berapa lama baterai dapat memberi daya pada laptop sebelum perlu diisi daya, tetapi juga meningkatkan risiko baterai membengkak atau, dalam kasus yang lebih buruk, pelarian termal. Ini terjadi ketika baterai menjadi terlalu panas dan mulai melepaskan energi tak terkendali, dalam reaksi berantai yang berbahaya. Dalam situasi ekstrim, hal ini dapat menyebabkan baterai meledak atau bahkan terbakar.

Efek hilir sinar matahari yang merusak baterai seperti ini sangat signifikan. Saat kapasitas baterai berkurang seiring waktu, laptop akan mengisi daya semakin sedikit dari sekali pengisian daya. Ini berarti kamu harus lebih mengandalkan dicolokkan ke stopkontak. Jika membutuhkan laptop saat bepergian untuk bekerja atau produktivitas, kamu mungkin akan banyak tertambat ke sumber daya dan kehilangan sebagian mobilitas yang disediakan perangkat.

3. Radiasi UV dapat mempercepat degradasi komponen plastik laptop

Hindari laptop terpapar sinar matahari saat cuaca sedang terik, ini 5 alasan dan bahayanya foto: freepik

Radiasi sinar UV yang membahayakan kulit, juga dapat berdampak signifikan pada laptop, terutama jika terbuat dari plastik cangkang keras seperti polikarbonat dan ABS. Bahan jenis ini ringan dan tahan lama tetapi juga sangat rentan terhadap sinar UV.

Ketika terkena sinar UV berenergi tinggi, molekul plastik mulai terurai melalui proses yang disebut fotodegradasi. Ikatan antara rantai polimer terputus dari waktu ke waktu, membuat material semakin lemah dan lebih rapuh. Jika dibiarkan, degradasi ini dapat menyebabkan retakan yang terlihat, perubahan warna, atau kegagalan cangkang langsung.

Tidak hanya itu, casing yang menurun juga memiliki dampak yang lebih luas bagi kesehatan laptop. Cangkang yang lebih rapuh lebih rentan terhadap masalah. Koneksi mungkin longgar, komponen mungkin gagal, dan kamu dapat kehilangan data atau mengalami masalah kerusakan lainnya.

(brl/red)