Ingin baterai iPhone kamu bisa bertahan lebih lama? Coba gunakan dua trik ini

Ingin baterai iPhone kamu bisa bertahan lebih lama? Coba gunakan dua trik ini

Techno.id - Banyak pengguna berharap baterai iPhone mereka bisa bertahan lebih lama. Namun faktanya, justru sebaliknya. Daya baterai iPhone mereka terlalu cepat habis.

Nah, di iOS 17.4, sebenarnya ada beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone. Kamu bisa mengambil beberapa langkah sederhana untuk mengubah cara iPhone beroperasi, seperti mematikan pengaturan tertentu yang mungkin tidak kamu pertimbangkan, termasuk menggunakan fitur Pengisian Daya yang Dioptimalkan, menghindari panas berlebih pada iPhone dan tidak membiarkan baterai habis hingga nol.

Dengan menu Kesehatan Baterai, kamu tidak hanya dapat memeriksa persentase kesehatan baterai (80% atau lebih tinggi dianggap baik), tetapi juga menu baru yang menunjukkan berapa kali kamu menggunakan siklus baterai, dan apakah baterai normal atau tidak.

Seiring dengan praktik terbaik baterai iPhone tersebut, kiat menghemat baterai lainnya untuk iOS 16 dan iOS 17 dapat membantu menjaga baterai iPhone tetap hidup lebih lama. Setidaknya ada dua fitur di iOS 16 dan iOS 17 yang keduanya membebani baterai iPhone. Kamu dapat mematikannya untuk membantu menghemat masa pakai baterai. Inilah yang perlu kamu ketahui.

1. Menghapus widget dari layar kunci iPhone

Ingin baterai iPhone kamu bisa bertahan lebih lama? Coba gunakan dua trik ini foto: techno.id/yani andriyansyah

Semua widget di layar kunci memaksa aplikasi untuk berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget, seperti skor olahraga atau cuaca. Karena aplikasi ini terus berjalan di latar belakang di widget, itu berarti akan terus menguras daya.

Jika ingin membantu menghemat baterai di iOS 17, cara terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari widget di layar kunci dan layar beranda. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lain. Tekan jari ke bawah pada layar kunci yang ada dan kemudian geser ke sekitar untuk memilih salah satu yang tidak memiliki widget.

Jika hanya ingin menghapus widget dari layar kunci, tekan layar kunci, tekan Sesuaikan, pilih opsi Layar Kunci, ketuk kotak widget dan kemudian tekan tombol - pada setiap widget untuk menghapusnya.

2. Matikan umpan balik keyboard haptik iPhone

Ingin baterai iPhone kamu bisa bertahan lebih lama? Coba gunakan dua trik ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Keyboard di iPhone memiliki kemampuan untuk bergetar saat kamu mengetik dengan tambahan fitur yang disebut umpan balik haptic. Fitur ini itambahkan ke iPhone sejak iOS 16. Alih-alih hanya mendengar suara klak-klik, umpan balik haptic memberi setiap tombol getaran, memberikan pengalaman yang lebih mendalam saat mengetik. Namun fitur ini juga dapat mempengaruhi masa pakai baterai.

Tidak ada spesifik yang diberikan Apple mengenai berapa banyak masa pakai baterai yang terkuras oleh fitur keyboard. Tetapi jika ingin menghemat baterai, cara yang terbaik adalah menonaktifkan fitur ini.

Untungnya, fitur ini tidak diaktifkan secara default. Jika kamu telah mengaktifkannya, buka Pengaturan > Suara & Haptik > Umpan Balik Papan Ketik dan matikan Haptik untuk mematikan umpan balik haptik untuk papan ketik.

(brl/red)