Ingin menginstal aplikasi tapi tidak bisa dari Google Play? Begini cara sideload di ponsel Android  

Ingin menginstal aplikasi tapi tidak bisa dari Google Play? Begini cara sideload di ponsel Android  

Techno.id - Pengguna Android biasanya akan mengunduh aplikasi melalui Google Play. Karena memang itu yang disarankan untuk menjaga keamanan kamu dari serangan malware. Namun tidak jarang Google Play memberikan batasan pada aplikasi yang ingin kamu instal.

Katakanlah kamu telah menemukan game baru yang menarik, tetapi saat mengakses Google Play, kamu diberi tahu bahwa game tersebut tidak tersedia di wilayah kamu. Lantas, apa yang harus kamu lakukan?

Meskipun mungkin kamu dapat menunggu aplikasi tersebut diluncurkan ke publik yang lebih luas, namun ada cara lain, sideload aplikasi. Sebagai informasi, sideload adalah proses instal aplikasi dari sumber selain toko aplikasi resmi seperti Google Play. Bagi sebagian pengguna, sideload bisa berpotensi membahayakan ponsel.

Kedengarannya menakutkan, tapi sebenarnya tidak. Faktanya, sifat OS Android yang terbuka berarti kamu bebas menginstal aplikasi dari hampir semua sumber daya. Namun kamu perlu melewati beberapa rintangan terlebih dahulu, termasuk mempelajari aplikasi yang ingin kamu instal tersebut tanpa melalui Google Play. Keputusan terakhir tetap ada di tangan kamu.

Sebaiknya sebelum melakukan sideload, ada baiknya kamu mencoba mendapatkan akses awal ke aplikasi Android yang ingin kamu unduh atau mencari informasi keamanannya. Jika sudah merasa yakin untuk mengunduh dan menginstalnya, berikut cara melakukan sideload aplikasi di smartphone Android.

Ingin menginstal aplikasi tapi tidak bisa dari Google Play? Begini cara sideload di ponsel Android foto: freepik/amenic181

1. Unduh APK yang ingin kamu instal

Langkah pertama dalam memindahkan aplikasi ke ponsel cerdas Android adalah memperoleh APK aplikasi yang pada dasarnya adalah file instalannya. Tidak ada kekurangan situs web yang menawarkan APK untuk sebagian besar aplikasi Android, tetapi kamu harus berhatihati dengan situs web tersebut karena mudah untuk memasukkan sesuatu yang berbahaya ke dalam kode. Apalagi kamu tidak memiliki perlindungan Google Play.

Ada beberapa repositori APK online yang dipercaya oleh komunitas Android, seperti APKMirror dan APKPure. Cukup buka situs web pilihan kamu melalui Chrome di ponsel cerdas, lalu cari dan unduh APK aplikasi yang ingin kamu instal.

2. Ketuk unduh

Setelah memulai pengunduhan APK, kamu akan mendapatkan peringatan dari Google Chrome bahwa file yang kamu unduh bisa berbahaya. Jika kamu telah menggunakan etalase APK yang bereputasi baik, seharusnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, jadi tetap ketuk Unduh.

3. Buka APK

Setelah unduhan selesai, kamu akan melihat pop-up yang memungkinkan kamu membuka file yang baru diunduh. Ketuk Buka untuk melanjutkan.

4. Ketuk pengaturan

Jika ini adalah pertama kalinya kamu memasang aplikasi yang diunduh melalui Google Chrome, Kamu harus mengizinkan Chrome untuk memasang aplikasi yang tidak dikenal alias yang berasal dari luar Play Store. Untuk melakukannya, ketuk Pengaturan pada pop-up keamanan yang muncul di layar.

5. Aktifkan izinkan dari sumber ini

Dari menu Pengaturan, aktifkan Izinkan dari sumber ini untuk memungkinkan Chrome menginstal APK yang baru saja kamu unduh.

6. Ketuk instal

Setelah kamu mengaktifkan Google Chrome untuk menginstal APK, sebuah pop-up akan muncul menanyakan apakah kamu ingin menginstal aplikasi yang baru kamu unduh. Ketuk Instal untuk menginstal aplikasi.

7. Ketuk buka untuk menggunakan aplikasi baru kamu

Setelah penginstalan selesai, ketuk Buka untuk mengakses aplikasi Android yang baru kamu sideload. Perlu dicatat bahwa, jika aplikasi biasanya tidak tersedia di wilayahkamu, maka kamu tidak akan dapat memperbaruinya melalui Google Play seperti kebanyakan aplikasi lainnya. Sebagai gantinya, kamu harus mengunduh sendiri APK yang diperbarui untuk aplikasi tersebut.

(brl/red)