Ingin menyimpan video YouTube untuk ditonton kapan pun kamu mau? Begini caranya

Ingin menyimpan video YouTube untuk ditonton kapan pun kamu mau? Begini caranya

Techno.id - YouTube adalah salah satu sumber informasi dan hiburan yang sangat baik, namun platform ini menggunakan banyak data saat streaming video. Hal ini terutama berlaku jika kamu menonton video dalam format Full HD atau 4K. Artinya kamu akan menghabiskan kuota bulanan dengan cepat atau menghabiskan tagihan telepon (pascabayar) saat menonton video YouTube di luar koneksi Wi-Fi.

Jadi, untuk menghindari biaya tak terduga, unduh video YouTube favorit ke ponsel saat memiliki koneksi internet tanpa batas. Namun Jika kamu ingin menonton video YouTube secara offline, kamu harus mendaftar ke YouTube Premium.

Meskipun langganan ini menawarkan fitur seperti Pemutaran di Latar Belakang dan penayangan Bebas Iklan serta dilengkapi dengan YouTube Music, langganan ini juga memungkinkan kamu mengunduh video YouTube ke perangkat. Hal ini menjadikan YouTube Premium sepadan dengan harga bulanannya.

Meskipun ada cara pihak ketiga lainnya untuk mengunduh video online apa pun, tapi tidak disarankan untuk menggunakannya. Sebab, biasanya aplikasi pihak ketiga sering menyertakan malware. Selain itu tidak mudah untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut sah. Apalagi dengan iming-iming memberi layanan 'gratis'. Selain itu, aplikasi ini sering kali melanggar persyaratan layanan YouTube dan dapat membuat kamu melanggar undang-undang hak cipta.

Untuk mendaftar ke YouTube Premium, buka aplikasi YouTube di ponsel atau tablet kamu dan ketuk tab di menu bawah. Dari sana, geser ke atas dan ketuk Dapatkan YouTube Premium. Dari sana, kamu dapat mendaftar uji coba gratis jika masih memilikinya atau memilih paket YouTube Premium Individual, YouTube Premium Family, atau YouTube Premium Student. Harga yang ditawarkan bervariasi.

Namun, perhatikan bahwa YouTube Premium dan fitur pengunduhan tidak tersedia di semua lokasi. Jadi, coba uji coba gratis terlebih dahulu dan lihat apakah fitur tersebut berfungsi untuk kamu sebelum berkomitmen untuk berlangganan.

(brl/red)