Ini alasan smartphone menjadi panas saat mengisi daya, begini cara mengatasinya

Ini alasan smartphone menjadi panas saat mengisi daya, begini cara mengatasinya

Techno.id - Perangkat elektronik sering menjadi panas karena energi listrik yang mengalir melaluinya. Begitu juga dengan smartphone. Setiap orang yang memiliki smartphone telah merasakan panas yang keluar dari ponsel mereka, terutama saat sedang mengisi daya.

Panas akan semakin meningkat saat ponsel sedang diisi daya dan kamu menggunakannya secara aktif. Berikut beberapa alasan mengapa smartphone kamu menjadi sangat panas. Yang perlu diingat, panas dapat merusak baterai ponsel. Ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mencegah ponsel dari panas berlebih

Menggunakan smartphone saat diisi daya

Ini alasan smartphone menjadi panas saat mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

Smartphone modern menggunakan banyak daya pemrosesan, termasuk menggunakan aplikasi intensif grafis. Jika kamu bermain game atau menonton video sambil mengisi daya ponsel, maka akan membuat smartphone kamu jauh lebih panas. Karena itu disarankan untuk membiarkan smartphone mengisi daya. Jika perlu matikan smartphone saat sedang diisi dayanya.

Faktor lingkungan dan penggunaan pengisi daya cepat

Ini alasan smartphone menjadi panas saat mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik/vitalii_petrushenko

Ada berbagai macam alasan mengapa ponsel seperti Android terlalu panas. Berada di bawah sinar matahari langsung atau menggunakan pengisi daya cepat adalah juga menjadi penyebab utama akhir-akhir ini karena output daya yang tinggi. Karena itu hindari menggunakan smartphone di tempat terbuka di mana perangkat kamu terpapar sinar matahari langsung.

Selain itu menggunakan pengisi daya yang sesuai untuk ponsel kamu dapat mengurangi kemungkinan panas berlebih. Pengisi daya pihak ketiga tidak selalu mengikuti standar yang sama yang ditetapkan oleh produsen ponsel, seringkali menyebabkan aliran daya yang berlebihan dari pengisi daya ke ponsel.

Mitos pengisian daya berlebihan

Ini alasan smartphone menjadi panas saat mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik/user16766420

Tidak jarang banyak pengguna khawatir tentang pengisian daya ponsel yang berlebihan, yang merupakan masalah dengan model lama dan dapat memperburuk masa pakai baterai ponsel serta membuatnya terlalu panas. Saat ini, iPhone dan Android hadir dengan langkah-langkah perlindungan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan telah menjadi fitur pada iPhone sejak 2019 yang menghentikan iPhone mengisi daya melebihi 80% jika dicolokkan ke pengisi daya untuk waktu yang lama. Sementara ponsel Galaxy dan ponsel Android lainnya hadir dengan fitur serupa yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan. Perangkat Samsung memungkinkan pengguna beralih ke mode cahaya, memprioritaskan masa pakai baterai serta suhu baterai. Aktifkan fitur tersebut dan pastikan ponsel memiliki banyak ventilasi.

(brl/red)