Ini beberapa fitur iPhone yang sudah bertenaga AI, berikut cara menggunakannya

Ini beberapa fitur iPhone yang sudah bertenaga AI, berikut cara menggunakannya

Techno.id - Rencana Apple menanamkan AI generatif di perangkat mereka sampai saat ini masih menjadi misteri. Namun jika ditelisik lebih jauh, sebenarnya Apple telah menggunakan kecerdasan buatan selama bertahun-tahun di iPhone.

Munculnya AI generatif yang dilatih pada model bahasa besar membuat beberapa orang bersemangat dan yang lainnya khawatir tentang bagaimana hal itu akan mengubah hidup mereka. Sementara Apple lebih banyak diam tentang rencana ini, sebab jenis AI telah memainkan peran utama dalam iPhone selama bertahun-tahun. Faktanya, AI telah mendorong fitur inti iPhone di seluruh aplikasi popular seperti Kamera, Foto, dan Siri, sejak lama sebelum ChatGPT pertama kali menarik perhatian global pada tahun 2022.

Nah pada Konferensi Pengembang Seluruh Dunia Apple (Worldwide Developers Conference/WWDC) 2024 yang akan mulai digelar 10 Juni mendatang, Apple dikabarkan akan memperkenalkan pembaruan perangkat lunak baru untuk iPhone dan produk lainnya. Apa pun yang direncanakan Apple dalam hal menghadirkan lebih banyak fitur AI ke iPhone, kemungkinan besar akan membuat penasaran pengguna. Berikut adalah beberapa fitur berbasis AI favorit di iPhone saat ini.

1. Kloning suara secara digital

Ini beberapa fitur iPhone yang sudah bertenaga AI, berikut cara menggunakannya foto: apple

Apple mungkin tidak memiliki chatbot, tetapi sudah menggunakan AI dalam fitur yang hadir dengan iOS 17 tahun lalu. Suara Pribadi adalah pengaturan aksesibilitas yang menggunakan pembelajaran mesin di perangkat untuk memungkinkan orang yang berisiko kehilangan kemampuan berbicara meniru suara mereka sehingga mereka dapat lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain.

Untuk mempelajari suara Anda, iPhone meminta kamu membacakan 150 frasa dengan lantang. Kemudian menggunakan AI untuk menganalisis suara kamu dan menghasilkan versi sintetisnya.

Untuk berkomunikasi menggunakan suara sintetis baru ini, kamu bisa menggunakan alat ketik untuk berbicara di iPhone untuk mengubah teks menjadi ucapan di FaceTime dan aplikasi pihak ketiga yang kompatibel.

Cara mengatur Suara Pribadi di iOS 17

Sebelum mulai mengkloning suara, pastikan kamu berada di tempat yang relatif tenang, di mana tidak akan terganggu selama sekitar 30 menit. Tidak perlu benar-benar hening, tetapi kamu akan berbicara cukup lama, jadi sebaiknya suara kamu sejelas mungkin tanpa suara latar belakang agar suara hasil kloning terdengar bagus.

Setelah siap, buka iPhone yang menjalankan iOS 17 dan buka Pengaturan > Aksesibilitas > Suara Pribadi, lalu ketuk Buat Suara Pribadi di bagian atas. Tekan tombol Lanjutkan berwarna biru dua kali, beri nama pada suara kamu, tekan tombol rekam dan mulailah membaca frasa yang muncul di layar. Kamu harus membacakan 150 frasa dengan lantang, yang panjangnya berbeda.

Kamu dapat berbicara saat tertulis Mendengarkan di bagian bawah halaman. Ucapkan frasa tersebut, dan Suara Pribadi akan secara otomatis beralih ke frasa berikutnya tanpa kamu harus mengetuk apa pun. Jika membuat kesalahan, kamu dapat menekan tombol rekam untuk merekam ulang frasa tersebut. Frasa tersebut akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk diselesaikan, tergantung seberapa cepat kamu berbicara.

Setelah selesai, tekan Lanjutkan, dan Suara Pribadi kamu akan mulai dibuat. Agar Suara Pribadi diproses, kamu harus menyambungkan iPhone ke pengisi daya dan mengunci layar. Kamu akan menerima pemberitahuan saat sudah siap digunakan. Ada juga Suara Pribadi yang membutuhkan waktu sekitar dua hari untuk diproses, tetapi itu mungkin berbeda tergantung pada penggunanya. Perhatikan bahwa iOS 17 saat ini dalam versi beta, jadi bug dan masalah dapat mengganggu Suara Pribadi.

2. Salin teks dengan mudah dari gambar iPhone

Ini beberapa fitur iPhone yang sudah bertenaga AI, berikut cara menggunakannya foto: apple

Live Text (Teks Langsung) adalah fitur AI yang sudah tersedia di iPhone yang menjalankan perangkat lunak iOS 15 pada tahun 2021 atau lebih baru. Ini adalah alat visi komputer yang mengenali teks tulisan tangan dalam foto, seperti Google Lens. Teks dari gambar kemudian dapat disalin dan ditempel hanya dengan beberapa ketukan mudah.

Teks Langsung sering kali berguna dalam kehidupan sehari-hari. Katakanlah kamu memiliki resep tulisan tangan yang ingin kamu digitalkan. Setelah mengambil foto resep itu dengan iPhone, kamu dapat menyalin dan menempelkan teks itu ke dalam dokumen Word, misalnya, dan menyimpannya sebagai cadangan digital. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukannya jika kamu tertarik.

1. Pastikan iPhone kamu menjalankan iOS 15 atau lebih baru.

2. Arahkan kamera ke subjek yang memiliki teks apa pun yang ingin kamu salin. Kamu akan tahu bahwa Teks Langsung telah muncul setelah kamu melihat garis kuning di sekitar teks.

3. Ketuk ikon Teks Langsung di sudut kanan bawah gambar untuk berinteraksi dengan teks apa pun dalam bingkai.

4. Pilih teks yang ingin kamu salin dengan menekan seperti yang kamu lakukan di Catatan atau pesan teks.

5. Tekan Salin.

6. Rekatkan atau tempelkan teks ke aplikasi lain seperti Gmail atau Catatan.

Sama seperti Google Lens, Teks Langsung juga dapat mencari teks dalam gambar yang disimpan di aplikasi Foto. Misalnya, jika ada nomor telepon di gambar, kamu dapat mengetuknya untuk memanggil nomor tersebut, atau jika ada kata dalam bahasa Prancis, kamu dapat menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

Menyalin dan menempelkan teks dari gambar bukanlah fitur baru untuk ponsel cerdas. Pengguna Android mungkin sudah terbiasa dengan fungsi ini berkat Google Lens. Namun, Teks Langsung sedikit berbeda dari Google Lens karena kamu dapat menggunakannya secara real time dengan kamera untuk memilih, menyalin, dan menempelkan teks, karena iPhone dilatih untuk mengenali informasi yang berguna.

(brl/red)