Ini fitur tersembunyi iPhone yang dapat membantu kamu rileks dan fokus, begini cara menggunakannya

Ini fitur tersembunyi iPhone yang dapat membantu kamu rileks dan fokus, begini cara menggunakannya

Techno.id - Saat Apple merilis iOS 17.5 pada Mei lalu, raksasa teknologi tersebut memperkenalkan beberapa fitur baru ke iPhone, seperti memberi tahu kamu tentang pelacak pihak ketiga yang tidak dikenal dan permainan kata baru yang menyenangkan bernama Quartiles. Namun, iOS 15, yang dirilis pada tahun 2021, menghadirkan fitur tersembunyi ke iPhone yang dapat membantu kamu fokus atau bersantai, yang disebut Suara Latar (Background Sounds).

Fitur ini menawarkan enam suara ambien berbeda yang diputar dalam satu lingkaran, hujan, sungai, dan lautan, serta suara terang, seimbang, dan gelap, yang merupakan nada white noise yang berbeda. Kamu dapat memutarnya sendiri atau di bawah aplikasi streaming podcast, musik, atau video apa pun. Jadi, alih-alih membeli mesin white noise baru, hemat uang kamu dan gunakan saja iPhone.

Menurut penelitian Prosiding National Academy of Sciences, mendengarkan suara alam dapat menurunkan stres, menghilangkan rasa sakit yang dirasakan, dan menumbuhkan disposisi yang lebih positif. White noise dapat membantu orang dewasa mempelajari kata-kata baru, dan dapat meningkatkan pembelajaran di lingkungan yang penuh gangguan, menurut berbagai penelitian. Suara alam dan white noise juga dapat membantu menidurkan pendengar. Berikut cara mengaktifkan Suara Latar di iPhone.

Mengatur suara latar belakang

Ini fitur tersembunyi iPhone yang dapat membantu kamu rileks dan fokus, begini cara menggunakannya foto: freepik

1. Ketuk Pengaturan.

2. Geser ke bawah dan ketuk Aksesibilitas.

3. Geser ke bawah lagi dan ketuk Audio & Visual.

4. Ketuk Suara Latar Belakang.

5. Ketuk sakelar di sebelah Suara Latar Belakang di dekat bagian atas menu untuk mengaktifkan fitur tersebut.

6. Ketuk Suara untuk mendengarkan berbagai opsi kebisingan. Jika kamu menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, suara harus diunduh, jadi mungkin perlu beberapa saat.

Kamu juga dapat mengetuk sakelar di sebelah Gunakan Saat Media Diputar untuk memungkinkan Suara Latar terus diputar saat kamu menonton video atau mendengarkan musik. Mengetuk sakelar di sebelah Hentikan Suara Saat Terkunci memastikan Suara Latar Belakang akan mati saat perangkat kamu terkunci. Jika kamu tidak mengaktifkan ini, suara akan terus diputar saat perangkat terkunci.

Mengaktifkan suara latar belakang menggunakan pusat kontrol

Ini fitur tersembunyi iPhone yang dapat membantu kamu rileks dan fokus, begini cara menggunakannya foto: techno.id/yani andriyansyah

Alih-alih menelusuri Pengaturan setiap kali ingin mengaktifkan Suara Latar Belakang, berikut cara mengatur sakelar di Pusat Kontrol untuk mengaktifkan fitur tersebut.

1. Ketuk Pengaturan.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Pusat Kontrol.

3. Gulir ke bawah ke Pendengaran, dan ketuk tanda plus ( + ) berwarna hijau untuk menambahkannya ke Pusat Kontrol.

4. Buka Pusat Kontrol.

5. Ketuk ikon telinga.

6. Ketuk ikon telinga di sebelah Suara Latar untuk mengaktifkan fitur. Kamu juga dapat mengetuk Suara Latar untuk membuka menu untuk memilih suara latar yang berbeda serta volume suara.

Mengaktifkan Suara Latar menggunakan pintasan Aksesibilitas

Ini fitur tersembunyi iPhone yang dapat membantu kamu rileks dan fokus, begini cara menggunakannya foto: freepik/eyeem

Kamu juga dapat mengatur dan pintasan aksesibilitas untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Suara Latar Belakang dari layar utama atau di dalam aplikasi. Berikut cara mengaturnya.

1. Ketuk Pengaturan.

2. Ketuk Aksesibilitas.

3. Ketuk Pintasan Aksesibilitas di dekat bagian bawah halaman.

4. Ketuk Suara Latar Belakang.

Sekarang, saat kamu menekan tombol samping tiga kali, Suara Latar akan menyala. Ketuk tombol tiga kali lagi untuk mematikannya kembali.

(brl/red)