Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya  

Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya  

Techno.id - Kamera selfie smartphone terkadang menghasilkan gambar yang buruk. Tidak seperti cermin, kamera depan ponsel ini sering mendistorsi penampilan kamu, membuat hidung tampak lebih besar, mata tidak rata, atau adanya bercak kulit. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengapa ini terjadi?

Lantas mengapa kualitas kamera depan kamu buruk? Kondisi ini bisa disebabkan beberapa faktor. Bisa dikarenakan lensa kamera kotor atau tergores, kondisi pencahayaan rendah atau sumber cahaya buatan, pengaturan fokus dan pencahayaan salah, kurangnya sudut dan posisi kamera yang tidak tepat. Begini cara memperbaikinya.

1. Bersihkan lensa

Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya foto: freepik

Debu, sidik jari, dan noda bisa mendistorsi gambar, jadi bersihkan lensa terlebih dahulu. Gunakan kain lembut atau tisu dan bersihkan lensa. Hindari pembersih yang keras, karena dapat merusak lensa kamera.

2. Ambil foto pada cahaya alami

Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya foto: freepik

Pencahayaan alami idealnya digunakan untuk fotografi. Sementara pencahayaan buatan dapat menciptakan bayangan kasar dan menambahkan nada funky ke kulit kamu. Jadi, cari tempat di dekat jendela atau melangkah keluar untuk pencahayaan yang lebih baik. Kamu akan melihat peningkatan langsung dalam gambar selfie.

3. Nyalakan kamera depan dengan mode cermin

Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu melihat gambar terbalik dari diri kamu di cermin, dan otak akan beradaptasi dengan perspektif ini. Namun, ketika kamu menggunakan kamera depan, gambar tidak dicerminkan, yang bisa terasa asing.

Kamera selfie membalik gambar secara horizontal untuk mencerminkan bagaimana orang lain melihat kamu, tetapi ini mungkin tidak selaras dengan diri kamu yang dicerminkan. Perbedaan ini dapat membuat wajah kamu tampak berbeda dan lebih asimetris daripada biasanya.

Untuk memperbaikinya, aktifkan opsi kamera depan dengan mode cermin di pengaturan ponsel. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan refleksi sejati tentang bagaimana melihat diri kamu di cermin.

Untuk pengguna Android

1. Buka aplikasi Kamera > Pengaturan (ikon roda gigi)

2. Gulir ke bawah dan nyalakan cermin Selfie

Untuk Pengguna iPhone

1. Arahkan ke Pengaturan > Kamera

2. Di bawah Komposisi, aktifkan opsi Kamera Depan Cermin

4. Sesuaikan fokus dan pencahayaan

Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kunci lain untuk mengambil selfie yang baik adalah menyesuaikan fokus dan eksposur. Pengaturan ini dapat membuat semua perbedaan dalam gambar yang seimbang dan jelas. Untuk menyesuaikan fokus, ketuk layar tempat kamu ingin kamera memfokuskan. Ini juga berfungsi untuk objek atau orang di latar belakang selfie. Kotak kuning akan muncul di sekitar titik fokus, dan kamera akan menyesuaikannya.

Eksposur dalam fotografi mengacu pada kecerahan atau kegelapan foto. Jika selfie tampak terlalu gelap atau terang, kamu dapat memodifikasi pencahayaan untuk menyesuaikan tingkat cahaya. Untuk melakukan ini, ketuk ikon matahari di dekat titik fokus, yang membuka penggeser. Menggerakkan slider ke atas (+) mencerahkan gambar, sementara memindahkannya ke bawah (-) akan menggelapkannya.

5. Bereksperimenlah dengan sudut yang berbeda

Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya foto: freepik/tirachardz

Fotografi adalah tentang eksperimen dan menemukan sudut yang tepat. Hal yang sama berlaku untuk selfie. Alih-alih terpaku pada bidikan menghadap ke depan, cobalah menangkap gambar dari berbagai sudut dan posisi. Misalnya, pegang ponsel sedikit di atas tingkat mata dan miringkan kepala kamu untuk mendapatkan tampilan yang lebih datar.

Tips lain adalah jangan memegang ponsel terlalu dekat dengan wajah karena ini dapat mendistorsi wajah kamu dan membuat gambar yang tidak menarik. Sebaliknya, jaga ponsel di lengan panjang atau gunakan tongkat selfie untuk mencapai perspektif yang lebih alami dan menarik.

6. Hindari menggunakan digital zoom

Ini penyebab kualitas foto selfie kamu buruk di smartphone dan begini cara memperbaikinya foto: freepik

Memperbesar subjek adalah teknik fotografi umum untuk menangkap detail dan menciptakan penekanan. Namun, zoom digital sering menurunkan kualitas selfie dan menghasilkan gambar buram. Ini terjadi karena zoom digital memperbesar piksel yang ada daripada menangkap yang baru.

Untuk mempertahankan ketajaman dan kejernihan, hindari zooming. Alih-alih, mendekatlah ke subjek kamu atau gunakan lensa sudut lebar di ponsel jika tersedia. Pendekatan ini memastikan bidikan yang tajam dan jernih tanpa mengorbankan kualitas gambar.

(brl/red)