Ini penyebab munculnya notifikasi pemblokiran akun WhatsApp, begini cara mengatasinya

Ini penyebab munculnya notifikasi pemblokiran akun WhatsApp, begini cara mengatasinya

Techno.id - Kamu mungkin pernah mendapatkan notifikasi dari WhatsApp yang mengatakan, Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp saat membuka aplikasi perpesanan di ponsel cerdas, Chromebook, atau laptop. Itu berarti kamu mendapatkan larangan akun alias diblokir.

WhatsApp hanya melarang akun saat pengguna mengambil bagian dalam aktivitas yang bertentangan dengan Persyaratan Layanannya. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengajukan banding atas larangan tersebut.

Alasan pemblokiran akun WhatsApp

WhatsApp melarang akun karena berbagai alasan. Berikut alasan umum mengapa akun kamu diblokir.

Ini penyebab munculnya notifikasi pemblokiran akun WhatsApp, begini cara mengatasinya foto: freepik/wichayada

1. Mengirim pesan ke terlalu banyak kontak yang tidak dikenal

WhatsApp tidak membatasi kamu untuk mengirim pesan ke kontak yang tidak dikenal. Namun, jika kamu sering mengirim pesan massal ke kontak yang tidak dikenal, WhatsApp mungkin mencekal akun kamu untuk melindungi pengguna lain dari spam.

2. Menambahkan banyak orang ke grup tanpa izin

Pengguna WhatsApp dapat menyesuaikan pengaturan grup mereka sehingga orang di luar kontak mereka tidak dapat menambahkannya. Namun, spammer masih dapat menambahkan orang yang menggunakan pengaturan default ke aplikasi acak. WhatsApp mungkin mencekal akun jika kamu berulang kali menambahkan orang ke grup tanpa persetujuan mereka.

3. Membagikan konten ilegal

Berbagi konten yang membahayakan anak-anak atau mendukung aktivitas ilegal akan mengakibatkan pemblokiran akun. Ini berarti siapa pun yang menggunakan platform untuk mengorganisir kejahatan kekerasan, memperdagangkan narkoba, dan sejenisnya berisiko terkena larangan akun.

4. Mengirim pesan massal

Pesan massal sering dikaitkan dengan spam. Jika kamu sering terlibat dalam bentuk komunikasi ini, WhatsApp dapat mencekal akun kamu.

5. Menggunakan alat otomatisasi untuk mengirim pesan

Menggunakan bot atau alat otomatisasi lainnya untuk mengirim pesan melanggar persyaratan layanan WhatsApp. Jika kamu diketahui menggunakan alat tersebut, kamu mungkin harus berurusan dengan larangan akun.

6. Seseorang melaporkan akun atas pelanggaran kekayaan intelektual

Kamu mungkin menghadapi larangan akun jika pengguna melaporkan akun kamu karena membagikan gambar yang memiliki hak cipta tanpa persetujuan.

7. Menggunakan alat pelaporan pihak ketiga

Menggunakan alat pihak ketiga untuk memantau keefektifan pesan kamu tidak diperbolehkan. WhatsApp mungkin mencekal akun kamu jika diketahui menggunakan alat ini.

8. Menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak sah

Menggunakan versi WhatsApp yang tidak sah atau mengunduh aplikasi di perangkat yang tidak didukung dapat mengakibatkan pemblokiran akun. WhatsApp tidak dapat memvalidasi keamanan aplikasi yang tidak sah, itulah sebabnya WhatsApp tidak mendukungnya. Untuk terus menggunakan layanan ini, unduh aplikasi WhatsApp resmi.

Cara WhatsApp memutuskan akun mana yang akan diblokir

Ini penyebab munculnya notifikasi pemblokiran akun WhatsApp, begini cara mengatasinya foto: freepik/inkdrop

WhatsApp menggunakan teknik peninjauan manusia dan otomatis untuk mendeteksi akun yang melanggar persyaratan layanan perusahaan. Sistem peninjauan biasanya mencakup item-item berikut.

1. Pemrosesan otomatis

Sistem otomatis WhatsApp menyaring sejumlah pesan untuk menemukan potensi pelanggaran. Akun yang terlibat dalam pelanggaran yang mudah dideteksi menghadapi larangan akun langsung, memungkinkan peninjau manusia untuk fokus pada kasus yang lebih kompleks.

2. Tinjauan manusia

Jika sistem otomatis WhatsApp mendeteksi tanda-tanda potensi pelanggaran tetapi akun, komunitas, atau grup yang bersangkutan memerlukan peninjauan lebih lanjut, sistem akan mengalihkan akun tersebut ke manusia. Peninjau manusia melihat pesan yang dilaporkan dan informasi akun terkait dan membuat keputusan akhir.

3. Perintah pengadilan

WhatsApp dapat menerima perintah pengadilan untuk mencekal akun tertentu. WhatsApp mempelajari keabsahan permintaan tersebut dan akan mengambil tindakan yang tepat.

(brl/red)