Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang merasa frustrasi ketika mengisi daya ponsel cerdas. Setelah cukup lama dicolokkan ke sumber listrik, ternyata pengisian daya berjalan sangat lambat, bahkan hampir tidak bergeming sama sekali.

Persentase baterai yang tadinya diharapkan bisa naik cepat, justru yang terjadi sebaliknya. Kapasitas baterai yang terisi tidak signifikan. Ada beberapa penyebab yang membuat pengisian daya berjalan lambat. Berikut cara mengetahuinya dan mencari solusi dari masalah tersebut.

Faktor-faktor yang menentukan kecepatan pengisian daya

Kecepatan pengisian dipengaruhi banyak faktor.

1. Watt pengisi daya dan voltage

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat foto: freepik/lashkhidzetim

Rumus untuk menghitung kecepatan pengisian (Watt) adalah Tegangan (Volt) dikali Arus (Ampere). Jadi, pengisi daya watt yang lebih tinggi, seperti 30W versus 15W, akan mendorong lebih banyak daya ke ponsel dan mengisi daya lebih cepat, asalkan ponsel kamu mendukung 30W.

2. Kualitas kabel pengisi daya

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat foto: freepik/eyeem

Tidak semua kabel pengisi daya dibuat sama. Kabel berkualitas tinggi dengan kabel yang lebih tebal dan isolasi yang lebih baik dapat membawa lebih banyak arus dengan resistansi yang lebih sedikit, yang mengarah ke pengisian daya yang lebih cepat. Selain itu, kabel yang mendukung standar pengisian cepat, seperti USB Power Delivery (PD) atau Qualcomm Quick Charge, dapat lebih meningkatkan kecepatan pengisian daya.

3. Kesehatan dan kapasitas baterai

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat foto: freepik/user6724086

Seiring waktu, baterai ponsel cerdas tidak dapat mengisi daya sebaik saat masih baru. Baterai yang lebih tua mungkin kesulitan untuk mengisi daya secepat dan penuh seperti dulu. Memeriksa status kesehatan baterai sesekali dan mengganti yang baru jika rusak dapat menjaga kecepatan pengisian daya tetap prima.

4. Suhu dan kondisi lingkungan

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat foto: freepik/user10860774

Pengisian daya dalam suhu yang sangat tinggi atau rendah tidak bagus untuk baterai lithium dan dapat memperlambat prosesnya. Kamar dengan suhu sedang dan nyaman adalah yang terbaik untuk mendapatkan daya secepat mungkin di ponsel cerdas.

5. Proses dan penggunaan latar belakang

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat foto: freepik/rawpixel.com

Menonton video, menggunakan aplikasi intensif daya, bermain game, atau membiarkan layar menyala semuanya dapat mengalihkan daya dari pengisian baterai. Untuk memaksimalkan kecepatan pengisian daya, pertimbangkan untuk menutup aplikasi yang tidak perlu dan membatasi penggunaan ponsel, sehingga ponsel dapat memfokuskan energinya untuk mengisi bilah baterai.

6. Sumber Daya

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat foto: freepik/ana-free

Baik kamu mengisi daya dari stopkontak di dinding, port USB di komputer atau power bank, sumbernya membuat perbedaan dalam kecepatan pengisian daya. Mencolokkan langsung ke dinding (stopkontak) biasanya yang tercepat karena dapat memasok sumber listrik yang paling stabil dan kuat.

7. Port pengisian daya dan konektor

Ini penyebab pengisian daya ponsel kamu lemot, begini caranya agar jadi lebih cepat foto: freepik/pvproductions

Port pengisian daya dan konektor kabel memengaruhi kecepatan pengisian daya ponsel cerdas. Jika kotor atau rusak, maka dapat mengganggu seberapa efisien daya ditransfer. Cobalah menjaga kebersihan port pengisian daya dengan meniup atau menyikat debu dan serat saku. Periksa juga konektor kabel dari kekurangan, dan dapatkan yang baru jika ada yang tidak beres. Dengan semuanya dalam kondisi baik, kamu akan mengoptimalkan aliran dan kecepatan arus pengisian.

(brl/red)