iOS 18 versi beta publik resmi dirilis, begini cara mulai menggunakannya di iPhone

iOS 18 versi beta publik resmi dirilis, begini cara mulai menggunakannya di iPhone

Techno.id - Pada Juni 2024, di konferensi pengembang tahunan Apple, perusahaan mengumumkan iOS 18, versi terbaru dari sistem operasi iPhone. Apple juga menggunakan kesempatan itu untuk menyemai pratinjau pengembang iOS 18 ke Pengembang Apple.

Setelah satu bulan, Apple kini mengkonfirmasi dirilisnya iOS 18 yang lebih luas, dengan versi beta publik pertamayang sebenarnyahanya ditujukan untuk pengembang. Sebelumnya Apple sudah merilis iOS 18 versi beta.

Namun versi beta publik ini akan memungkinkan khalayak yang lebih luas, termasuk penggemar dan pengulas teknologi. Mereka dapatmelihat lebih awal semua fitur baru iOS 18 sebelum Apple merilis versi stabil OS akhir tahun ini.

iOS 18 adalah pembaruan signifikan untuk iPhone dengan menghadirkan banyak fitur ke platform,termasuksejumlah besar opsi penyesuaian UI yang menyaingi Android, dukungan untuk pesan RCS, dan Pusat Kontrol yang didesain ulang. Apple juga mengkonfirmasi bahwa iOS 18 akan dibekali dengan banyak fitur AI, berkat kolaborasi baru dengan OpenAI, perusahaan di belakang ChatGPT.

Banyak orang telah menunggu untuk menguji fitur-fitur baru iOS 18 ini.Dengan dirilisnya beta publik pertama, mereka akan dapat merasakan seperti apa menggunakan versi stabil iOS 18 akhir tahun ini. Jika kamu tertarik untuk mencoba iOS 18 versi beta publik, inilah yang perlu kamu lakukan.

Cara menginstal iOS 18 Public Beta di iPhone

iOS 18 versi beta publik resmi dirilis, begini cara mulai menggunakannya di iPhone foto: apple

Sebelum melakukannya, perlu diingat bahwa menginstal perangkat lunak versi beta pada ponsel cerdas utama bukanlah ide bagus, mengingat perangkat lunak tersebut masih dalam tahap pengujian. Disarankan kamu menggunakan iPhone cadangan idealnya perangkat sekunderuntuk menginstal perangkat lunak versi beta apa pun.

Selain itu sangat disarankan untuk mencadangkan semua data dan pengaturan di iPhone menggunakan opsi cadangan iCloud sebelum melanjutkan. Dengan disclaimer, inilah yang kamu butuhkan untuk menginstal iOS 18 Public Beta di iPhone.

Setelah memastikan memiliki iPhone yang kompatibel, kamu perlu mengunjungi situs web Program Perangkat Lunak Apple Beta dan mendaftarkan diri dalam program Beta. Idealnya, melakukan ini menggunakan browser Safari di iPhone yang ingin kamu instal perangkat lunak beta akan menjadi pilihan yang baik karena dapat mendaftar untuk program menggunakan opsi masuk dengan ID Apple di situs web.

Setelah mendaftar, buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan navigasikan ke Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak > Umum. Periksa apakah kamu melihat opsi yang bertuliskan iOS 18 Public Beta, bersama dengan opsi Perbarui Sekarang di bagian bawah layar.

Kamu juga dapat memilih untuk mengklik opsi lain yang bertuliskan Perbarui Malam Ini jika ingin menunda instalasi ke beberapa waktu kemudian. Setelah memilih instal, perlu beberapa saat bagi iPhone kamu untuk menginstal perangkat lunak baru. Tunggu hingga instalasi selesai. Setelah selesai, kamu seharusnya dapat melihat pratinjau iOS 18 di iPhone jauh sebelum versi stabil keluar akhir tahun ini.

Hal-hal yang perlu diingat sebelum menginstal iOS 18 Public Beta

iOS 18 versi beta publik resmi dirilis, begini cara mulai menggunakannya di iPhone foto: apple

Meskipun menginstal perangkat lunak beta pada perangkat apa pun adalah prospek yang menarik, penting untuk dipahami bahwa versi perangkat lunak beta awal cenderung tidak stabil dan penuh dengan bug.

Jangan berharap semua fitur berjalan dengan baik, dan ada kemungkinan besar beberapa aplikasi penting kamu juga dapat berhenti berfungsi. Masuk akal juga bahwa banyak fitur baru yang diumumkan untuk iOS 18 mungkin tidak berfungsi sama sekali dalam versi beta.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa iPhone kamu benar-benar kompatibel dengan iOS 18 Public Beta. iOS 18 Beta secara resmi mendukung semua iPhone yang dirilis setelah iPhone XR (yang keluar pada 2018). Bahkan iPhone SE (Generasi Kedua) yang dirilis pada tahun 2020, secara resmi didukung.

Perhatikan bahwa bersama iOS 18 Public Beta, Apple juga telah merilis versi beta publik iPadOS 18 dan watchOS 11. Jika kamu memiliki iPad dan Apple Watch cadangan, kamu dapat mencoba menginstal perangkat lunak beta pada perangkat ini juga.

(brl/red)