Jangan keburu panik, begini cara memulihkan pesan teks yang terhapus di perangkat Android

Jangan keburu panik, begini cara memulihkan pesan teks yang terhapus di perangkat Android

Techno.id - Mungkin kamu pernah secara tidak sengaja menghapus pesan teks penting di ponsel Android. Jika demikian, jangan keburu panik. Sebab kamu dapat mencoba memulihkan pesan tersebut menggunakan Pesan Samsung, cadangan Google One, atau metode pihak ketiga.

Bergantung pada fitur ponsel kamu dan apakah kamu membuat cadangan sebelum kehilangan pesan atau tidak, kamu memiliki beberapa opsi untuk melakukan pemulihan.

Jika kamu memiliki Samsung atau ponsel lain yang memiliki fitur Trash (atau Recycle Bin), dalam banyak kasus, kamu dapat memulihkan pesan yang terhapus dalam waktu 30 hari setelah menghapus pesan tersebut.

Jika ponsel kamu tidak menawarkan fitur tersebut, tetapi kamu membuat cadangan Google One sebelum kehilangan pesan, cukup pulihkan cadangannya, dan semua pesan kamu akan kembali. Jika lupa membuat cadangan, semua harapan masih belum hilang.

Ada beberapa aplikasi pemulihan pesan Android di pasaran, dan kamu dapat menggunakan satu atau beberapa aplikasi untuk mencoba dan memulihkan pesan teks secara potensial.

Pulihkan pesan teks yang terhapus di Ponsel Samsung

Jangan keburu panik, begini cara memulihkan pesan teks yang terhapus di perangkat Android foto: freepik/nuruddean21

Di ponsel Android Samsung, periksa folder Trash atau Recycle Bin, dan jika pesan yang terhapus masih ada, pulihkan. Begini caranya.

1. Luncurkan aplikasi Samsung Messages di ponsel. Di sudut kanan atas pesan yang terdaftar, ketuk tiga titik.

2. Saat opsi menu, pilih Sampah atau Keranjang Sampah.

3. Kamu akan melihat daftar semua pesan yang dihapus. Di sudut kanan atas, ketuk opsi Edit. Sekarang pilih pesan yang ingin kamu pulihkan. Untuk memulihkan semua pesan, di pojok kiri atas, ketuk Semua untuk menyorot semua pesan. Kemudian, di pojok kiri bawah, ketuk Pulihkan. Aplikasi akan memulihkan pesan yang dipilih. Kamu akan menemukannya di folder pesan utama di samping pesan lainnya.

Pulihkan pesan teks yang dihapus dengan cadangan

Jangan keburu panik, begini cara memulihkan pesan teks yang terhapus di perangkat Android foto: freepik/rawpixel.com

Jika kamu telah mengaktifkan cadangan Google Drive di ponsel Android, kamu dapat memulihkan cadangan untuk memulihkan pesan teks yang dihapus. Peringatan utama dengan metode ini adalah untuk memulihkan cadangan, kamu perlu mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik. Ini berarti kamu harus menghapus semua konten di ponsel untuk dapat memulihkan pesan teks yang hilang. Jika memilih untuk melanjutkan dengan metode ini, buat cadangan file penting di ponsel.

Kemudian, mulai proses reset dengan meluncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel. Di Pengaturan, di bagian bawah, ketuk Sistem. Pada layar Sistem, ketuk Setel Ulang Opsi. Pada layar Setel Ulang Opsi, ketuk Hapus Semua Data (Setel Ulang Pabrik). Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan ulang ponsel. Setelah selesai, mulailah menyiapkan ponsel dari awal.

Saat ponsel meminta kamu untuk masuk dengan akun Google, pilih akun yang kamu gunakan untuk membuat cadangan ponsel. Dengan cara ini, kamu akan memiliki akses ke cadangan Google One.

Kemudian, pilih opsi untuk memulihkan data kamu dari cadangan, pilih cadangan Google One, dan aktifkan opsi Pesan SMS. Ponsel akan mulai memuat konten dari cadangan, dan setelah selesai, kamu akan melihat semua pesan dipulihkan di ponsel.

(brl/red)