Jangan panik ketika menerima email penipuan Pegasus, begini cara menghindarinya

Jangan panik ketika menerima email penipuan Pegasus, begini cara menghindarinya

Techno.id - Pernahkah kamu menerima email yang mengklaim bahwa komputer kamu terinfeksi malware Pegasus dan kamu harus membayarnya, atau seseorang akan membocorkan detail profil kamu? Meskipun terdengar menakutkan, tapi jangan khawatir. Email pemerasan yang mengklaim menggunakan spyware sejatinya adalah penipuan besar.

Biasanya, para pelaku kejahatan ini mengklaim bahwa mereka telah menginfeksi PC kamu dengan malware Pegasus karena kamu telah mengklik tautan yang buruk. Umumnya mereka mengklaim menggunakan spyware untuk mengawasi kebiasaan kamu menjelajah internet. Biasanya mereka mengklaim Pegasus telah diinstal di perangkat kamu selama berbulan-bulan.

Mereka menyatakan telah memergoki kamu menjelajahi situs genre dewasa misalnya, yang akan membuat kamu merasa lebih malu. Mereka kemudian mengklaim akan merilis rekaman webcam dan riwayat internet kamu ke teman dan keluarga. Ujung-ujungnya, mereka meminta sejumlah uang bayaran.

Jangan panik ketika menerima email penipuan Pegasus, begini cara menghindarinya Contoh email spyware Pegasus (foto: malwaretips)

Namun sebelum mengatasi masalah ini, ada baiknya kamu mengetahui apa itu Spyware Pegasus dan apakah ini nyata? Penipuan email Pegasus menambahkan lapisan kepercayaan dengan merujuk jenis malware yang sebenarnya. Spyware Pegasus adalah virus nyata yang dapat memengaruhi ponsel Android dan iOS, mencuri data dari perangkat apa pun yang diserang.

Namun, gagasan seseorang menginfeksi perangkat dengan Pegasus dan mengambil data tanpa kamu sadari adalah tidak masuk akal. Sekadar informasi, Pegasus dikembangkan NSO Group, sebuah perusahaan Israel yang berspesialisasi dalam spyware. Biayanya setidaknya sekitar USD500.000 atau sekitar Rp8.1 miliar untuk melisensikan Pegasus. Tetapi, mereka tidak berbisnis dengan sembarang orang.

Spyware ini sangat bertarget dan sering digunakan oleh pemerintah dan lembaga lain untuk melawan individu atau kelompok tertentu daripada orang biasa yang menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Artinya, jika kamu merasa mendapat spam Pegasus, sangat tidak masuk akal.

Kecuali kamu adalah seorang pebisnis besar yang beromzet miliaran dolar Amerika. Sebab sesuai dengan penjelasan di atas, sangat tidak mungkin spammer yang telah melisensikan Pegasus dengan sangat mahal digunakan untuk mencuri harta individu yang jumlahnya jauh lebih kecil.

Cara mengatasi email penipuan Pegasus

Jangan panik ketika menerima email penipuan Pegasus, begini cara menghindarinya foto: techno.id/yani andriyansyah/ai generatif-microsoft copilot

Jika kamu melihat email ini masuk ke kotak masuk, jangan panik. Jangan kirimkan apa pun termasuk uang yang mereka minta ke alamat yang diberikan. Alih-alih, menghapus email tersebut, pertimbangkan untuk menandainya sebagai spam. Menerima atau membuka email itu sendiri tidak menginstal sesuatu yang buruk di sistem kamu.

Secara keseluruhan, penipuan email Pegasus dapat membuat orang khawatir bahwa rahasia tergelap mereka akan diperlihatkan kepada semua orang. Jika kamu menerimanya, pastikan untuk menghapusnya.

(brl/red)