Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini

Cara mengatasi kamera smartphone tidak berfungsi

6.Mengosongkan ruang penyimpanan

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika aplikasi kamera terus membeku atau menolak untuk mengambil gambar, mengosongkan ruang penyimpanan mungkin bisa menjadi solusi untuk menghentikan pembekuan. Kamu hanya perlu menghapus media, dokumen, dan file lain yang menghabiskan ruang di ponsel kamu.

7. Lakukan pembaruan perangkat lunak

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: freepik/uveelena

Jaga agar ponsel tetap berjalan lancar dengan selalu memperbarui perangkat lunak terbaru. Untuk memperbarui OS Android, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Pembaruan Perangkat Lunak. Kamu mungkin perlu membuka Sistem terlebih dahulu. Ketuk opsi Unduh dan Instal atau Periksa Sekarang.

Jika ada pembaruan yang tersedia, ketuk tombol unduh berwarna biru di bagian bawah layar untuk memulai pembaruan. Nah pembaruan ini berpotensi menghapus bug yang menyebabkan masalah, dan kamu akan dapat mengambil gambar dengan aplikasi kamera lagi.

8. Pasang kamera Android pihak ketiga

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: play.google.com

Jika kamera default masih tidak berfungsi, menginstal aplikasi kamera pihak ketiga mungkin bisa menjadi solusi. Ada berbagai aplikasi kamera yang tersedia dengan fitur dan fungsi yang unik.

Pastikan kamu hanya menginstal aplikasi ini dari sumber tepercaya seperti Google Play Store agar tidak diserang malware dan virus. Aplikasi seperti Cymera, Relens, dan Open Camera merupakan alternatif yang ideal untuk kamera bawaan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengunduhnya dan mulai menggunakannya untuk mengambil gambar dan video.

9. Setel ulang pabrik ponsel

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: freepik/wirestock

Pengaturan ulang pabrik adalah tindakan yang ekstrem. Tindakan ini akan menghapus semua data, media, dan aplikasi dari ponsel secara permanen dan mengembalikannya ke pengaturan default.

Tindakan ini akan mengembalikan aplikasi kamera seperti saat ponsel masih baru, maka tindakan ini akan menyelesaikan semua masalah yang terjadi.

Untuk mengatur ulang ponsel ke setalan pabrik, buka aplikasi Pengaturan. Navigasikan ke Manajemen Umum/Sistem > Reset > Reset Data Pabrik.

10. Perbaiki perangkat

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: freepik/bublikhaus

Jika semua perbaikan di atas gagal, kemungkinan besar masalahnya adalah perangkat keras. Kamu dapat mencoba memperbaiki perangkat di pusat perbaikan resmi.

(brl/red)