Kamu sekarang dapat mengontrol iPhone atau iPad menggunakan mata, begini caranya

Kamu sekarang dapat mengontrol iPhone atau iPad menggunakan mata, begini caranya

Techno.id - Apple selalu mementingkan fitur aksesibilitas dalam produknya, dari mengontrol iPhone menggunakan suara hingga menetapkan tombol tak terlihat di bagian belakang untuk melakukantindakan. Ada banyak fitur aksesibilitas hebat yang harus kamu gunakan di iPhone.

Saat gelaran WWDC 2024 beberapa waktu lalu, Apple mendorong tren ke depan dengan iOS dan iPadOS 18. Sistem operasi tersebut meluncurkan beberapa fitur baru yang melayani penyandang disabilitas atau mereka yang kesulitan berinteraksi dengan iPhone dan iPad secara efisien.

iPad, khususnya, berada di garis depan dalam menawarkan fitur-fitur inovatif kepada individu dengan beragam persyaratan berkat layar besar, speaker yang kuat, dan antarmuka yang tidak bisa mendapatkan penggunaan yang lebih ramah. Di antara banyak fitur iPadOS 18 baru yang cukup fantastis adalah kemampuan untuk mengontrol perangkat hanya menggunakan mata.

Fitur ini sebenarnya dirancang khusus untuk mengakomodasi orang-orang dengan disabilitas fisik yang menghambat penggunaan perangkat berkemampuan layar sentuh. Sakelar aksesibilitas ini memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin pada perangkat untuk membuka cara baru dalam mengendalikan antarmuka pengguna.

Cara mengaktifkan fitur pelacakan mata di iOS 18

Kamu sekarang dapat mengontrol iPhone atau iPad menggunakan mata, begini caranya foto: appleinsider

Fitur Pelacakan Mata tersedia dimulai dengan pratinjau pengembang terbaru iOS 18. Jadi kamu harus menginstal versi beta terlebih dahulu untuk membuka kunci akses ke fitur ini. Kamu dapat mengonfirmasi versi perangkat lunak iPhone atau iPad dengan menavigasi ke Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak > Umum. Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Di iPhone atau iPad yang menjalankan OS versi 18, luncurkan aplikasi Pengaturan.

2. Arahkan ke Aksesibilitas > Pelacakan Mata di bawah bagian Fisik dan Motorik.

3. Jentikkan tombol Eye Tracking aktif.

4. Kamu kemudian akan diarahkan untuk mengikuti titik di berbagai bagian layar menggunakan mata. Pastikan ada pencahayaan yang cukup di sekitar kamu untuk kalibrasi terbaik.

5. Apple menyarankan kamu meletakkan ponsel di permukaan yang stabil berjarak sekitar 50cm. Karena teknologi pelacakan mata bergantung pada kamera depan perangkat untuk melacak gerakan mata.

6. Pastikan tidak ada yang menutupinya, termasuk membersihkan noda sebelum mulai.

7. Setelah proses kalibrasi selesai, iPhone akan melakukan yang terbaik untuk menentukan bagian antarmuka mana yang kamu lihat. Kamu kemudian harus dapat mengalami mode pelacakan mata dalam tindakan.

(brl/red)