Kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai iPhone? Simak penjelasannya

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai iPhone? Simak penjelasannya

Techno.id - Sebagai gadget, iPhone dikenal sebagai perangkat yang luar biasa. Tetapi untuk urusan daya tahan baterai, perangkat besutan Apple ini tidak terlalu mumpuni. Apple pun menjawab masalah tersebut ketika meluncurkan iPhone 13 di mana semua modelnya dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dibanding pendahulunya. iPhone 13 pun dikenal mampu menghasilkan daya tahan baterai yang lebih baik.

Tetapi baterai tetap merupakan perangkat keras yang dapat habis dan memiliki masa pakai terbatas. Pada satu titik, baterai akan mengalami penurunan kualitas yang cukup parah sehingga pengguna tidak memiliki pilihan lain selain membeli baterai baru atau mengganti perangkat.

Jadi, kapan waktunya? Bagaimana kamu tahu kapan harus benar-benar perlu mengganti baterai iPhone yang baru? Yuk simak penjelasannya.

Mengetahui persentase kesehatan baterai

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai iPhone? Simak penjelasannya foto: unsplash/deansun

iPhone seharusnya mempertahankan hingga 80 persen dari kapasitas baterai aslinya setelah 500 siklus pengisian daya penuh. Setelah persentase kesehatan baterai turun di bawah 80 persen, jumlah daya yang dapat ditampung baterai mulai berkurang. Namun, bukan berarti kamu harus buru-buru membeli baterai baru. Angka itu hanya untuk orientasi.

Misalnya, iPhone dengan kesehatan baterai 70 atau 80 persen masih bisa tetap menyala sepanjang hari jika kamu tidak menonton video atau bermain game. Itu semua tergantung pada pola penggunaan yang kamu lakukan.

Waktu terbaik untuk mengganti baterai iPhone adalah saat kamu menyadari bahwa perangkat tidak dapat menyimpan daya yang cukup untuk menghidupi iPhone sepanjang hari. Dengan kata lain, jika daya yang dimiliki iPhone kamu tidak sesuai dengan kebutuhan atau membuat perangkat tidak dapat digunakan, segera ganti baterai.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai iPhone? Simak penjelasannya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Tingkat kesehatan baterai 80 persen seharusnya masih cukup untuk membuat kamu menggunakan iPhone seharian. Namun, pada tingkat kesehatan baterai 40 atau 50 persen, semuanya mulai menurun dengan sangat cepat.

Kamu hanya dapat menggunakan iPhone selama beberapa jam setelah setiap pengisian daya. Setelah baterai turun di bawah 40 persen, inilah saatnya untuk membeli baterai baru. Pada dasarnya, iPhone kamu sudah tidak dapat digunakan lagi.

(brl/red)