Ketahui penyebab ponsel cerdas Android terlalu panas dan cara mengatasinya

Ketahui penyebab ponsel cerdas Android terlalu panas dan cara mengatasinya

Techno.id - Suhu ponsel cerdas Android terkadang menjadi lebih panas karena beberapa sebab. Tetap membiarkan ponsel berada di lingkungan yang panas seringkali menjadi penyebab dan ini kerap diabaikan pengguna. Misalnya, menggunakan ponsel di pantai saat terik.

Nah penyebab yang satu ini paling sering dilakukan, menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya. Sama seperti perangkat elektronik lain, ponsel menghasilkan panas saat digunakan.

Ini juga berlaku untuk panas yang dihasilkan saat mengisi daya baterai, terutama jika kamu menggunakan pengisi daya cepat. Jadi, jika kamu menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya, panas yang dihasilkan dua kali lipat.

Selain itu prosesor yang bekerja terlalu keras juga dapat menyebabkan panas berlebih. Jika kamu menjalankan game atau aplikasi tertentu yang membebani prosesor, maka prosesor menggunakan lebih banyak energi untuk menghasilkan tingkat kinerja yang diperlukan. Peningkatan konsumsi energi menyebabkan lebih banyak pembangkitan panas.

Ketahui penyebab ponsel cerdas Android terlalu panas dan cara mengatasinya foto: freepik/black.salmon

Penyebab lainnya karena ponsel memiliki jangkauan jaringan yang buruk. Ponsel akan bekerja lebih keras di area penerimaan jaringan yang buruk untuk mencoba dan mempertahankan konektivitas selular. Upaya ekstra ini akan menyebabkan peningkatan pengurasan baterai, yang menyebabkan panas berlebih.

Selain itu menyetel kecerahan layar hingga ke maksimal juga dapat menyebabkan panas berlebih. Artinya ketika kamu menjaga ponsel pada kecerahan maksimum dan menyalakan layar dalam waktu lama akan menyebabkan pengurasan baterai yang signifikan dan mengakibatkan lonjakan suhu.

Penyebab lainnya, banyak aplikasi tetap terbuka di latar belakang atau memiliki pengaturan yang tidak dioptimalkan. Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang terbuka di latar belakang atau pengaturan yang memungkinkan fitur tertentu berjalan terus-menerus, itu akan membebani prosesor dan meningkatkan pengurasan baterai, menyebabkan panas berlebih.

(brl/red)