Lupa membuat perubahan kecil pada iPhone 14 Pro miliknya, pria ini justru mendapat peningkatan baterai

Lupa membuat perubahan kecil pada iPhone 14 Pro miliknya, pria ini justru mendapat peningkatan baterai

Techno.id - Masalah daya tahan baterai iPhone sempat menjadi perhatian para pengguna produk Apple. Bahkan satu bulan jelang peluncuran iPhone 15 Series pada September lalu, sejumlah pengguna iPhone 14 Pro mengeluh mengenai kesehatan baterai mereka yang menurun secara signifikan. Malah beberapa Fanboy, sebutan pengguna produk Apple, iPhone 14 Pro milik mereka mengalami penurunan kesehatan baterai sekitar 10% dalam waktu kurang dari satu tahun,

Fakta inilah yang membuat Chris Smith, jurnalis bgr.com melakukan pengamatan pada iPhone 14 Pro miliknya untuk membuktikan masalah tersebut. Smith yang secara terus menerus menggunakan perangkatnya lebih beruntung.

Sebab, kesehatan baterai iPhone 14 Pro miliknya masih menunjukkan 100%. Bahkan baterai miliknya bertahan lebih dari satu hari dan ia tak perlu mengisi ulang baterai ponsel semalaman.

Baru menyadari menonaktifkan fitur ProMotion

Lupa membuat perubahan kecil pada iPhone 14 Pro miliknya, pria ini justru mendapat peningkatan baterai foto: gsmarena

Lantas apa trik yang dilakukan Smith sehingga baterai iPhone miliknya masih tetap optimal? Smith menjelaskan, dalam pemakaian ia menonaktifkan fitur tampilan Always-On, dan mengaktifkan fitur pengisian daya yang dioptimalkan. Tujuannya agar perangkatnya tidak mencapai daya 100%.

Selain itu, Smith juga baru menyadari bahwa setahun lalu ia melakukan perubahan sederhana pada pengaturan iPhone miliknya. Ia mematikan fitur ProMotion untuk membatasi kecepatan refresh dinamis hanya hingga 60Hz.

Ternyata perubahan sederhana tersebut berdampak besar pada kesehatan baterai iPhone 14 Pro miliknya. Padahal ia melakukan perubahan itu ketika sedang menguji sesuatu untuk pekerjaan dan lupa untuk mengubahnya kembali.

Dari kejadian itu, Smith pun menulis tips dan trik untuk meningkatkan daya tahan baterai iPhone 14 Pro. Salah satu kiat tersebut berkaitan dengan ProMotion. Ia menjelaskan bagaimana cara mengurangi kecepatan refresh pada iPhone hingga 60Hz untuk menghemat energi.

Lupa membuat perubahan kecil pada iPhone 14 Pro miliknya, pria ini justru mendapat peningkatan baterai foto: gsmarena

Sebagai informasi, iPhone 14 Pro atau yang lebih baru mendukung kecepatan refresh 120Hz dinamis atau yang disebut ProMotion. Fitur ini akan mengatur kecepatan refresh antara 1Hz hingga 120Hz, tergantung pada aplikasi yang digunakan.

Jika pengguna memilih membatasi kecepatan refresh pada 60Hz, maka kecepatan akan terus berfluktuasi, tetapi hanya antara 1Hz dan 60Hz. Inilah yang dapat menghemat baterai. Seperti diketahui, layar adalah perangkat keras yang paling boros menyedot daya baterai.

Namun cara ini tidak bisa bekerja pada iPhone 12 Pro karena perangkat ini tidak memiliki chip seefisien A16 Bionic seperti pada iPhone 14 Pro. Selain itu perangkat tersebut tidak menggunakan panel OLED yang mampu mendukung kecepatan refresh dinamis.

Smith mengatur batas kecepatan refresh maksimum pada 60Hz agar bisa mengambil tangkapan layar. Ia pun memutuskan menggunakan iPhone pada refresh 60Hz selama beberapa hari untuk mengetahui bagaimana efeknya pada kesehatan baterai.

(brl/red)