Matikan fitur baru YouTube ini untuk menjaga kualitas audio saat menonton video

Matikan fitur baru YouTube ini untuk menjaga kualitas audio saat menonton video

Techno.id - Pernah menemukan volume YouTube berubah atau rusak saat memutar video? Nah, YouTube akhirnya memperkenalkan fitur baru untuk memperbaiki masalah ini, Volume Stabil. Ini adalah fitur YouTube yang ditambahkan untuk memastikan konsistensi audio di seluruh platform.

Jika kamu baru-baru ini mengalami masalah dengan keluaran audio di YouTube dari saluran favorit, ini mungkin alasannya. Volume Stabil menyeimbangkan volume di seluruh video YouTube untuk memastikan suara yang konsisten. Manfaat utama menggunakan Volume Stabil adalah mengurangi variasi suara, memastikan volume audio video yang konsisten.

Volume Stabil terus menyesuaikan volume dengan menerapkan filter normalisasi dalam video, memastikan keluaran suara yang seimbang dengan meningkatkan bagian bawah atau menurunkan bagian yang keras ke titik tengah yang sempurna. Tetapi bisa jadi fitur ini tidak selalu kamu inginkan sepanjang waktu.

Sebab dalam upaya untuk meratakan volume di seluruh video, Volume Stabil dapat merusak kualitas audio. YouTube mengetahui hal ini, dan itulah mengapa Volume Stabil tidak tersedia untuk video musik saat ini dan mungkin saja dapat berubah di masa mendatang.

Contoh lain saat kamu tidak memerlukan Volume Stabil adalah pada jenis video tertentu, seperti streaming game atau acara TV dan cuplikan film. Jika ingin mendengar suara video dengan segala kemegahannya seperti yang diinginkan pembuatnya, kamu harus mematikan Volume Stabil.

Cara menonaktifkan fitur Volume Stabil YouTube

Matikan fitur baru YouTube ini untuk menjaga kualitas audio saat menonton video foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Fitur Volume Stabil YouTube tersedia di web dan aplikasi selular, begini cara menonaktifkannya di kedua platform. Jika kamu menggunakan aplikasi Android atau iOS YouTube, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Putar video non-musik di YouTube.

2. Ketuk di dalam pemutar video untuk mengaktifkan kontrol. Ketuk ikon Pengaturan di kanan atas.

3. Pilih Pengaturan tambahan dari pop-up.

4. Matikan Volume Stabil dari opsi.

5. Di bagian bawah, pesan Volume stabil mati akan muncul, mengonfirmasi bahwa perubahan telah disimpan.

Kamu dapat melakukan cara yang sama di YouTube melalui web dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Arahkan kursor ke pemutar video untuk melihat kontrol pemutaran.

2. Klik ikon Pengaturan di kanan bawah.

3. Matikan Volume Stabil dari opsi di pop-up. YouTube akan segera menyimpan perubahan tersebut.

Dengan Volume Stabil mati, semua video mendatang yang diputar di YouTube akan mengikuti preferensi kamu. Volume yang Stabil bisa bermanfaat atau tidak, tergantung kebutuhan kamu. Ini adalah penyelamat jika kamu kesal dengan variasi suara saat menonton video YouTube, tetapi jika kamu suka mendengar audio seperti yang diinginkan produser, kamu harus mematikannya.

(brl/red)