Mau beralih dari Android ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya, anti ribet

Mau beralih dari Android ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya, anti ribet

Techno.id - Sudah bosan menggunakan smartphone Android dan ingin hijrah ke iPhone? Tentu kamu harus memindahkan semua data yang ada di perangkat lama ke perangkat baru.

Tetapi, bagaimana caranya memindahkan data dengan perangkat yang memiliki beda sistem operasi dari Android ke iOS? Jangan khawatir. Ada cara mudah untuk mentransfer semua data kamu ke perangkat baru.

Dengan menggunakan Move to iOS, aplikasi Android buatan Apple, kamu bisa mentransfer kontak, riwayat pesan, bookmark situs web, akun email, kalender, foto, dan video. Beberapa aplikasi gratis juga akan ditransfer jika tersedia di Google Play dan App Store.

Move to iOS didukung di semua ponsel yang menjalankan Android 4.0 atau yang lebih baru, dan itu membuat proses peralihan ke perangkat baru dan sistem operasi sedikit lebih mudah.

Mentransfer data dari Android ke iPhone

Mau beralih dari Android ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya, anti ribet  foto: apple

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi daya kedua ponsel dan tetap terpasang. Kemudian pastikan Wi-Fi diaktifkan di perangkat Android. Jika ingin mentransfer bookmark Chrome, pastikan kamu telah menginstal versi terbaru di ponsel Android.

1. Selanjutnya, nyalakan iPhone baru dan letakkan di samping perangkat Android. Ikuti petunjuk pengaturan pada layar di iPhone. Saat masuk ke layar Mulai Cepat, ketuk Atur Tanpa Perangkat [Apple] Lain, lalu terus ikuti petunjuk di layar.

2. Saat kamu masuk ke layar Transfer Aplikasi & Data Anda, ketuk Dari Android.

3. Di ponsel Android, buka aplikasi Move to iOS. Ketuk Lanjutkan, dan Setujui syarat dan ketentuan. Putuskan apakah akan Mengirim secara Otomatis atau Tidak Kirim data aplikasi dengan Apple.

4. Ketuk Lanjutkan dan aktifkan Izin lokasi jika diperlukan, dan juga untuk izin pemberitahuan.

5. Di iPhone, ketuk Lanjutkan saat layar Pindah dari Android muncul. Kode 10 atau enam digit akan muncul. Masukkan kode tersebut di perangkat Android.

Mau beralih dari Android ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya, anti ribet

foto: apple

6. iPhone kamu akan membuat jaringan Wi-Fi sementara, saat diminta, ketuk Hubungkan di perangkat Android untuk bergabung. Tunggu hingga layar Transfer Data muncul.

7. Sekarang, pilih konten dari perangkat Android yang ingin kamu transfer, dan ketuk Lanjutkan.

8. Biarkan iPhone dan Android berdekatan satu sama lain sampai bilah pemuatan di iPhone selesai. Semakin banyak konten yang harus dipindahkan, semakin lama proses ini berlangsung.

9. Kamu sekarang dapat mengaktifkan nomor telepon dan SIM atau eSIM di iPhone. Kamu mungkin harus menyelesaikan proses ini di situs web operator.

10. Setelah bilah pemuatan selesai di iPhone, ketuk Selesai di ponsel Android. Kemudian tekan Lanjutkan di iPhone, dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan perangkat baru.

File, foto, kontak, dan lainnya seharusnya ada di iPhone baru kamu sekarang. Tetapi perhatikan bahwa proses ini tidak akan berfungsi untuk mentransfer musik, buku, dan PDF. Kamu harus melakukannya secara manual.

(brl/red)