Mengenal fitur profil publik Snapchat dan begini cara membuatnya

Mengenal fitur profil publik Snapchat dan begini cara membuatnya

Techno.id - Layaknya platform media sosial, popularitas Snapchat tidak kalah dengan TikTok, Instagram, atau media sosial lainnya. Salah satu fitur yang paling banyak disukai dari Snapchat adalah efeknya.

Tidak jarang pengguna memakai filter Snapchat dan menggunakan hasilnya untuk diunggah di media sosial lain. Maklum, fitur Snapchat terbilang unik dan lucu. Sebut saja seperti filter yang menunjukkan lidah seekor anjing ketika pengguna membuka mulut mereka.

Nah baru-baru ini, Snapchat menawarkan fitur Profil Publik. Dengan fitur ini kamu dapat memamerkan kreativitas dan kepribadian kamu kepada audiens yang lebih luas.

Profil Publik Snapchat memungkinkan kamu membagikan konten dengan seluruh komunitas Snapchat, bukan hanya teman dan kontak kamu. Ini berarti siapa pun di Snapchat dapat melihat konten kamu.

Artinya, Snapchatter yang tidak ada dalam daftar teman kamu pun dapat menemukan profil kamu saat cerita kamu muncul di Spotlight. Jika pengguna menikmati konten kamu, mereka dapat memilih untuk berlangganan profil kamu.

Membuat Profil Publik di Snapchat dapat membantu jika kamu ingin menggunakan platform ini lebih dari sekadar terhubung dengan teman. Jika kamu adalah pemilik bisnis atau influencer media sosial yang ingin memperluas audiens dan membangun komunitas, memiliki Profil Publik dapat menguntungkan. Bagian terbaiknya adalah kamu masih dapat memilih untuk membuat cerita Snapchat pribadi dengan teman-teman kamu.

Profil Publik juga memberi kamu akses ke wawasan keterlibatan yang berharga di Snapchat yang dapat membantu memantau kinerja konten kamu. Ini termasuk metrik seperti jumlah total penayangan, demografi pemirsa, pembagian, dan lainnya.

Cara membuat Profil Publik di Snapchat

Mengenal fitur profil publik Snapchat dan begini cara membuatnya foto: freepik/mmollaretti

Tidak seperti sebelumnya, kemampuan untuk membuat Profil Publik tidak lagi terbatas hanya pada Bintang Snap yang diverifikasi. Sekarang, hampir semua orang di Snapchat dapat membuat Profil Publik, selama mereka berusia 18 tahun ke atas dan telah memiliki akun selama lebih dari 24 jam. Untuk membuat Profil Publik di Snapchat di Android atau iPhone, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Snapchat dan ketuk ikon profil di pojok kiri atas.

2. Ketuk Profil Publik Saya lalu tekan Oke.

3. Masukkan bio profil dan lokasi kamu. Gunakan sakelar untuk menentukan apakah kamu ingin menampilkan atau menyembunyikan jumlah pengikut di profil.

Setelah menyiapkan Profil Publik, kamu dapat mulai menambahkan cerita baru ke dalamnya. Nanti, kamu juga dapat menambahkan foto teratas di bagian Sorotan untuk dilihat orang lain saat mereka mengunjungi profil kamu. Beralih ke tab Wawasan untuk mengamati grafik keterlibatan konten selama periode 7 atau 28 hari terakhir.

Cara mengedit, membagikan, atau menghapus Profil Publik di Snapchat

Mengenal fitur profil publik Snapchat dan begini cara membuatnya foto: play.google.com

Kamu dapat menyempurnakan Profil Publik Snapchat kapan pun kamu mau. Kamu juga dapat membagikan tautannya dengan teman dan pengikut di platform lain. Berikut caranya.

1. Buka Snapchat dan ketuk ikon profil di pojok kiri atas.

2. Ketuk Profil Publik Saya.

3. Ketuk ikon roda gigi di pojok kanan atas.

4. Dari menu ini, pilih Edit Profil untuk mengubah gambar akun, bio, atau lokasi kamu. Gunakan opsi Bagikan Profil untuk membagikan tautan profil kamu dengan orang lain.

Jika ingin menghapus Profil Publik Snapchat, buka halaman pengaturannya dan ketuk opsi Hapus Profil Publik di akhir halaman. Melakukannya akan menghapus bio, cerita, dan informasi profil kamu. Perhatikan bahwa ini tidak akan memengaruhi akun Snapchat reguler kamu dengan cara apa pun. Foto pribadi, cerita, dan obrolan kamu dengan teman semuanya akan tetap utuh.

(brl/red)