Mengisi daya smartphone sepanjang malam buruk untuk baterai? Begini penjelasannya

Mengisi daya smartphone sepanjang malam buruk untuk baterai? Begini penjelasannya

Ngecas baterai semalaman

Perlindungan tingkat lanjut

Mengisi daya smartphone sepanjang malam buruk untuk baterai? Begini penjelasannya foto: howtogeek

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa menjaga baterai tetap terisi antara 20-80% adalah yang terbaik. Apple dan beberapa produsen Android telah memperkenalkan fitur tambahan untuk menjaga smartphone kamu tetap dalam kisaran tersebut sebanyak mungkin.

Dimulai dengan iOS 13 pada tahun 2019, iPhone memiliki fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan. Ketika diaktifkan, ponsel akan tetap menggunakan daya sekitar 80% hampir sepanjang malam. Sebuah algoritma akan mempelajari kapan kamu biasanya bangun dan mengisi daya perangkat sebelum itu.

Beberapa perangkat Android pada dasarnya memiliki fitur yang sama. Ada yang menyebutnya Pengisian Daya yang Dioptimalkan ada juga Pengisian Daya Adaptif. Perangkat Samsung Galaxy mengambil langkah lebih jauh dan memungkinkan kamu mengisi daya baterai pada 85% sepanjang waktu.

Jika kamu mengisi daya ponsel semalaman, sebaiknya aktifkan fitur-fitur ini jika ada. Fitur ini membuat pengisian daya semalaman tidak terlalu bermasalah.

Mengisi daya smartphone sepanjang malam buruk untuk baterai? Begini penjelasannya foto: freepik/user16766420

Dengan adanya perlindungan tersebut, sangat sulit terjadi kerusakan yang tidak semestinya pada baterai ponsel. Namun, baterai akan menurun seiring berjalannya waktu dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ini hanya masalah seberapa banyak kamu membantu proses tersebut.

Siklus pengisian daya adalah hal yang memengaruhi masa pakai baterai. Semakin banyak siklus pengisian daya yang dilaluinya, semakin banyak pula penurunan kualitas baterai. Inilah sebabnya mengapa yang terbaik adalah menjaga ponsel antara 20-80% daya sebanyak mungkin.

Mengisi daya semalaman dapat mempercepat proses penurunan daya baterai. Mengisi daya antara 99-100% selama beberapa jam seperti menyalakan dan mematikan lampu. Hal ini tidak akan membuat bohlam meledak terbakar, tetapi juga tidak terlalu baik untuk bohlam.

Ketika harus mengisi daya baterai semalaman,apakah ponsel akan menjadi terlalu panas dan terbakar? Tidak, sebab ada perlindungan untuk mencegah hal tersebut, selama kamu menggunakan peralatan yang benar. Apakah akan mengurangi masa pakai baterai? Iya. Tetapi mungkin tidak akan terlalu signifikan.

Begini cara mengisi daya semalaman

Mengisi daya smartphone sepanjang malam buruk untuk baterai? Begini penjelasannya foto: freepik/jero sennegs

Ada beberapa faktor yang dapat kamu lakukan untuk mengisi daya ponsel semalaman dan mengurangi beberapa kerugian. Pertama dan terpenting, pastikan perangkat memiliki ruang untuk bernapas. Panas berlebih adalah masalah besar, jadi berikan ruang dan jangan menutupinya dengan apa pun.

Faktor penting lainnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih peralatan pengisian daya yang benar. Menggunakan pengisi daya yang disediakan dengan perangkat dan yang secara khusus dirancang untuk perangkat tersebut sangatlah penting. Selain itu, kamu dapat mempertimbangkan untuk menghindari pengisian daya cepat selama waktu tidur. Mencapai 100% lebih lambat berarti menghabiskan lebih sedikit waktu dalam siklus 99-100%.

(brl/red)