Menonaktifkan berbagi lokasi di Android kini jadi jauh lebih mudah, begini caranya

Menonaktifkan berbagi lokasi di Android kini jadi jauh lebih mudah, begini caranya

Techno.id -

Jika tidak ingin orang melacak kamu melalui ponsel Android, mungkin sangat sulit untuk menemukan opsi untuk mematikannya. Untungnya, Google sekarang membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan menonaktifkan opsi Berbagi Lokasi dengan menambahkan sakelar ke pengaturan Android dasar. Ini juga akan menambahkan daftar semua pengguna yang saat ini melacak lokasimu, sehingga kamu selalu mengetahui dengan siapa berbagi data.

Seperti dilaporkan Android Headlines, Google menambahkan sakelar Berbagi Lokasi ke pengaturan Android. Berbagi Lokasi memungkinkan kamu berbagi tempat dengan daftar orang tepercaya.

Sayangnya, tidak jelas untuk menyesuaikan pengaturan Berbagi Lokasi. Saat ini, cara termudah untuk mengaturnya adalah dengan melalui Google Maps. Untungnya, dengan pembaruan baru ini, kamu dapat mengakses opsi langsung dari aplikasi Pengaturan di ponsel.

Perubahan ini juga akan memberi gambaran sekilas tentang semua orang yang memiliki akses ke Lokasi kamu. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, Berbagi Lokasi akan memberi kamu tautan yang dapat diberikan kepada teman atau keluarga sehingga mereka dapat melacak kamu.

Perlu diingat bahwa ini hanya menonaktifkan fitur Berbagi Lokasi, yang secara khusus menangani kontak yang melacak lokasi kamu. Berikut cara mengontrol aplikasi mana yang dapat melihat lokasi kamu di Android.

Cara menggunakan pengaturan lokasi baru di Android

Menonaktifkan berbagi lokasi di Android kini jadi jauh lebih mudah, begini caranya foto: freepik/olgsera

Setelah fitur ini tiba di ponsel, kamu akan melihatnya muncul saat mengunjungi Pengaturan > Google > Semua Layanan. Ini akan muncul di daftar layanan dengan nama Berbagi Lokasi Google. Ketuk itu, dan kamu akan memiliki akses ke pengaturan lokasi.

Ingatlah bahwa jika kamu menonaktifkan berbagi lokasi, itu tidak memberi tahu siapa pun yang melacak lokasi kamu. Ini malah akan menunjukkan kepada mereka lokasi terakhir yang diketahui sampai kamu menyalakannya kembali. Karena itu, jika kamu berencana menonaktifkan berbagi lokasi, pastikan untuk memperingatkan semua orang sebelum mereka menganggap hal terburuk telah terjadi pada kamu.

(brl/red)